top of page
  • Writer's picturemandostar

Siapakah Murid Selebritis Pertama Bruce Lee di Hollywood?

Mandostar - Bruce Lee memulai membuat nama untuk dirinya sendiri di Hollywood dengan mengajarkan kung fu kepada para bintang-bintang selebritas di Hollywood. Berikut cerita tentang siswa selebritas pertamanya Bruce Lee dan bagaimana mereka bertemu.



Bruce Lee mengajarkan kung fu kepada sederet selebritas Hollywood ketika dia pindah ke Amerika, tapi siapa yang pertama berlatih di bawahnya? Jauh sebelum ketenarannya yang legendaris, Bruce Lee memulai membuat namanya terkenal di Hollywood dengan mengajarkan kung fu kepada para aktor film, artis, sutradara, penulis skenario, dan musisi terkenal. Bahkan beberapa muridnya dianggap artis terbesar di zamannya.


Peran Bruce Lee sebagai instruktur kung fu itu lah yang memberikan sebagian besar pemasukannya di Amerika dalam kurun tahun 1960-an. Sejak Lee berjuang untuk bisa menemukan pekerjaan akting sebagai aktor sebagai tujuannya, ia dapat mencurahkan banyak waktunya untuk melatih orang lain baik dalam aspek filosofis dan juga fisik seni bela diri.


Selama tahun-tahun ini, Bruce Lee menjalankan sekolah kung fu dan mengajarkan gaya seni bela dirinya yang unik, yang sekarang dikenal dengan Jeet Kune Do. Seiring berjalannya waktu, ia menarik perhatian banyak bintang Hollywood yang ingin belajar darinya. Akibatnya, Bruce Lee bisa membentuk persahabatan dan koneksi yang langgeng dan bergengsi dengan selebriti seperti Steve McQueen, James Coburn, Roman Polanski, James Garner, Lee Marvin, Stirling Silliphant, dan Kareem Abdul-Jabbar.


Menurut buku Bruce Lee: A Life oleh Matthew Polly, reputasi Bruce Lee untuk melatih selebriti ternyata dimulai dengan sosok penyanyi Vic Damone. Damone, seorang penyanyi dan band besar, berada di puncak popularitasnya di tahun 1950-an dengan hits besar seperti "You're Breaking My Heart", "My Heart Cries For You", dan puluhan single lainnya. Dia juga membawakan lagu utama untuk An Affair to Remember , menjadi pembawa acara variety show, dan sesekali tampil di film.


Vic Damone

Sampai ketika bertemu Vic Damone, keadaan saat itu Bruce Lee belum bisa merekrut selebriti. Bertindak atas saran orang lain, Bruce Lee memutuskan untuk menaikkan tarifnya. Polly menulis dalam bukunya bahwa hanya dengan memungut bayaran tinggi, Bruce Lee mampu menarik perhatian aktor Hollywood. Taktik tersebut ternyata membuahkan hasil ketika penata rambut selebriti terkenal Jay Sebring – kenalan kedua pria tersebut – mengatur pertemuan antara Bruce Lee dan Damone setelah salah satu penampilan Damone di Las Vegas.


Penata Rambut terkenal Jay Sebring, yang memperkenalkan Bruce Lee dengan Vic Damone.

Vic Damone, yang memiliki pengetahuan dalam seni beladiri tinju tetapi bukan kung fu, berminat dan mengembangkan apresiasi terhadap gaya seni bela diri pribadi Bruce Lee dan banyak mengambil pelajaran dari yang ia pelajari bersama Bruce Lee selama setahun. Polly menulis dalam bukunya bahwa menurut pengakuan Vic Damone sendiri, karir menyanyinya pun benar-benar diuntungkan dari hasil latihan yang dia habiskan bersama Lee. Damone mengatakan bahwa teknik relaksasi yang diperolehnya dari Bruce Lee telah membantunya menjadi penyanyi yang lebih baik.


Dengan melatih seni bela diri kepada Vic Damone, membuat Bruce Lee bisa bepergian di lingkaran Hollywood, dan lebih jauh mengembangkan reputasinya sebagai seniman bela diri yang terampil berhasil meningkatkan profil Bruce Lee secara signifikan di Amerika Serikat. Bahkan aktor Hollywood A-listers seperti McQueen dan Coburn juga ingin belajar Jeet Kune Do dan rela membayar untuk pelajaran kung fu dari Bruce Lee. Hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, Vic Damone berubah dari satu- satunya murid selebriti Bruce Lee menjadi salah satu dari banyak murid selebriti yang dimilikinya.


Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page