top of page
  • Writer's picturemandostar

Aktor-Aktor Hollywood yang Pernah Dilatih Oleh Bruce Lee


Mandostar - Selama di Amerika Serikat, Bruce Lee mengajar kung fu kepada banyak orang, termasuk beberapa bintang film terkenal di Hollywood. Dianggap sebagai sosok paling berpengaruh dalam seni bela diri, lima film kung fu Bruce Lee membuatnya menjadi legenda seni bela diri. Gaya bertarung dan filosofi Lee menarik perhatian orang-orang dari berbagai latar belakang dan memulai kegilaan pada kungfu di tahun 1970-an dan 1980-an.


Bruce Lee, yang berlatih Wing Chun dan membentuk sekolah kung fu miliknya sendiri dan menciptakan teknik kungfunya sendiri bernama Jeet Kune Do, tidaklah menyimpan keahliannya hanya untuk dirinya sendiri. Setelah berlatih dengan grandmaster Wing Chun Ip Man dan meninggalkan Hong Kong ke Amerika, Bruce Lee mengajar kung fu kepada banyak siswa selama beberapa tahun berikutnya.


Bruce Lee menerima banyak kritikan karena mengajarkan kung fu kepada orang non-Cina, tetapi Lee mengabaikan penolakan dari para master kung fu Tiongkok, dan sekolah kung fu yang ia dirikan tersedia bagi siapa saja yang ingin belajar kungfu. Sebelum menjadi bintang film seni bela diri, Bruce Lee memang berambisi untuk membuka sekolah kung fu di seluruh negeri.


Bruce Lee mewariskan keterampilan dan ide-idenya kepada berbagai orang, yang menggunakannya untuk menjadi seniman ahli bela diri yang ulung dengan hak paten mereka sendiri. Banyak mantan muridnya mengajar Lee's Jeet Kune Do di sekolah mereka sendiri, memastikan bahwa pengetahuan kung fu Bruce Lee tetap hidup.


Di antara murid-muridnya yang paling terkenal adalah ahli kung fu Dan Inosanto, Taky Kimura, James Yimm Lee, dan Ted Wong. Bruce Lee juga memiliki beberapa siswa selebriti, termasuk beberapa aktor Hollywood yang dilatih di bawah bimbingan Bruce Lee.


Roman Polanski & Sharon Tate



Dalam Quentin Tarantino's Once Upon a Time in Hollywood , Sharon Tate (Margot Robbie) secara singkat ditampilkan berlatih dengan Bruce Lee. Ini bukan hanya untuk filmnya; Lee memang melatih Sharon Tate dalam kehidupan nyata. Dia juga melatih sutradara Roman Polanski, yang merupakan suaminya saat itu.


Mereka bertemu ketika Lee bekerja sebagai koreografer pertarungan untuk film 1969, The Wrecking Crew , yang dibintangi Tate. Lee mengajari Tate dan lawan mainnya Nancy Kwan beberapa keterampilan kung fu dan kemudian menyebut Tate sebagai "siswa yang baik". Sharon Tate memperkenalkan Lee kepada Polanski, yang sangat terkesan dengan Lee sehingga dia segera mempekerjakannya untuk menjadi guru kungfu-nya. Lee secara teratur mengunjungi rumah mereka untuk mengajari mereka kung fu.


Dean Martin



Aktor populer, anggota Rat Pack, dan salah satu penyanyi paling terkenal pada masanya, Dean Martin berlatih dengan Bruce Lee untuk waktu yang singkat di akhir 1960-an dalam persiapan untuk The Wrecking Crew. Bruce Lee memiliki pujian yang tinggi untuk Tate, tetapi tidak terlalu banyak untuk Dean Martin, yang dia katakan terlalu " malas " dan " canggung " untuk mempelajari teknik menendang yang diharapkan Lee untuk mengajarinya.


James Garner



Aktor film dan TV terkenal James Garner bertemu Lee di lokasi syuting film Marlowe , sebuah film Hollywood di mana Bruce Lee ikut memainkan peran sebagai antagonis dalam film tersebut, sementara Garner memainkan peran karakter utama. Setelah film dibuat, Garner mengikuti les privat dimana dia belajar Jeet Kune Do dari Lee.


Kareem Abdul-Jabbar



Meskipun terkenal karena karirnya sebagai pemain bola basket bintang di NBA, Kareem Abdul-Jabbar 7'2 ”juga tampil di beberapa film dan acara TV, termasuk Airplane! Peran terbesarnya adalah dalam Game of Death , sebuah film yang dia buat dengan Bruce Lee yang tidak pernah benar-benar selesai. Bersama-sama, Lee dan Abdul-Jabbar merekam adegan perkelahian yang sekarang terkenal. Abdul-Jabbar sejak itu berbicara secara terbuka tentang hubungannya dengan Lee, yang dia gambarkan sebagai guru dan temannya. Mereka bertemu ketika Abdul-Jabbar masih di UCLA, dan Abdul-Jabbar mengatakan bahwa Lee mengajarinya “ disiplin dan spiritualitas seni bela diri. Menurut Kareem Abdul-Jabbar, ajaran Lee membantunya menghindari cedera dan bermain secara kompetitif di NBA.


James Coburn



James Coburn adalah aktor A-list yang membintangi film seperti The Magnificent Seven , The Great Escape , dan Midway. James Coburn, yang muncul di beberapa western, dianggap sebagai salah satu "pria tangguh" Hollywood dan sering disebutkan dalam kalimat yang sama seperti aktor seperti Clint Eastwood, Charles Bronson, dan banyak lagi.


Dia diperkenalkan dengan Bruce Lee di sebuah pesta tak lama setelah rilis filmnya, Our Man Flint, sebuah film yang dibuat sebagai respon atas demam film James Bond. Setelah berbicara dengan Lee tentang pendapatnya tentang koreografi, Coburn meyakinkan Lee untuk menunjukkan pukulan satu inci yang terkenal padanya.


Seperti ceritanya, Coburn dibuat kagum dengan kecepatan dan kekuatan Lee setelah dipukul mundur. Keduanya menjadi teman yang cepat dan sering terlihat bersama di depan umum. Coburn menjadi murid Lee dan mengembangkan apresiasi yang dalam terhadap kung fu. Lee mengatakan bahwa dia memandang Coburn sebagai salah satu dari dua murid selebriti terbaiknya dan bahwa Coburn benar-benar memahami “ bagian filosofis ” kung fu . Kekuatan hubungan mereka tercermin dari fakta bahwa Coburn adalah salah satu pengusung jenazah di pemakaman Bruce Lee pada tahun 1973.


Steve McQueen



Pallbearer selebriti lain di pemakaman Bruce Lee adalah Steve McQueen , yang merupakan bintang besar di Hollywood selama 1960-an dan 1970-an, yang dikenal dengan film-film seperti Bullitt , The Great Escape , The Getaway , dan The Sand Pebbles . Persona di layar dan kepribadian kehidupan nyata membuatnya mendapatkan gelar " King of Cool " , dan mirip dengan Coburn, McQueen berbagi persahabatan yang panjang dan bertingkat dengan Bruce Lee. Pada tahun 1967, ketika McQueen sudah menjadi nama besar di Hollywood dan Lee tidak lagi bekerja, karena serial TV The Green Hornet baru saja berakhir, McQueen mulai berlatih di bawah Bruce Lee.


Hubungan mereka saling menguntungkan, dengan McQueen belajar tentang kung fu dari Lee dan Lee mendapatkan nasihat tentang akting dari McQueen. Lee telah berbicara beberapa kali tentang betapa terkesannya dia dengan McQueen. Dia merasa bahwa ada " ketangguhan " yang luar biasa di McQueen, yang menurutnya " tidak tahu arti berhenti. “Satu-satunya masalah adalah bahwa McQueen memiliki komitmen lain - seperti pekerjaan aktingnya - dan itu menghalangi pelatihan seni bela dirinya secara penuh. Meski begitu, Bruce Lee masih menempatkan McQueen di atas sana dengan Coburn sebagai siswa selebriti terbaiknya. Sementara Coburn lebih unggul dalam hal elemen filosofis kung fu, Steve McQueen dikatakan sebagai yang terbaik dalam hal kemampuan bertarung.


Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page