top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Alasan Obi-Wan Kenobi Membiarkan Darth Vader Membunuhnya di Star Wars: A New Hope

Updated: Jan 18, 2021


Mandostar - Seperti kita ketahui semua di dalam film Star Wars Trilogi Original epidoe 4: A New Hope, Jedi Master Ben Kenobi atau Obi Wan Kenobi tua (diperankan oleh Alec Guiness) tewas dibunuh oleh Darth Vader saat keduanya bertarung di dalam Death Star.


Selama hidupnya, Peran Obi-Wan selain menjadi mentor atau guru bagi Anakin ataupun anaknya Luke Skywalker, tetapi juga memainkan peran penting dalam sejarah galaksi Star Wars ini, sebagai Master Jedi di dalam Dewan Jedi dan juga komandan tentara Grand Army Republic dalam Clone Wars.


Setelah aksi-aksi heroiknya di dalam clone wars, dan stelah kejadian Order 66, dimana tentara clone berpaling melawan para jedi, Obi-Wan Kenobi memilih untuk mengasingkan diri di planet Tatooine. Tujuannya tak lain adalah untuk menjaga Luke Skywalker muda dari kejaran Emperor dan pasukannya.


Di awal film A New Hope, Setelah bertemu dengan droid R2-D2 dan C3PO, Luke pergi mencari teman lamanya paman Ben Kenobi untuk meminta bantuannya mengirimkan denah master plan Death Star kepada Rebel Alliance. Perjalanan mereka itu membawa mereka ke Stasiun luar angkasa, dan ditangkap pesawat Star Destroyer dari Galactic Empire, yang membawa mereka ke Death Star, dimana Obi-Wan kembali bertemu mantan padawan-nya Anakin, yang sekarang telah berubah menjadi Darth Vader.


Ketika Luke Skywalker, Han Solo, dan teman-teman pergi menyelematkan Putri Leia di dalam Death Star dan lari menuju Millennium Falcon untuk melarikan diri, Ben Kenobi atau Obi-Wan sedang bertarung dengan Vader dalam pertarungan sengit lightsaber. Melihat Luke telah di platform pendaratan, tiba-tiba saja terlihat Obi-Wan menyerah pada takdirnya dan membiarkan Darth Vader menyerangnya dengan lightsaber. Luke yang marah kemudian pergi menuju kapal Millenium Falcon bersama timnya dan bergegas terbang kabur dari kejaran pasukan Galactic Empire. Pertanyaannya kenapa Obi-Wan Kenobi memutuskan untuk menyerahkan nyawanya begitu saja kepada Vader tanpa perlawanan di saat akhir?


Obi Wan atau Ben Kenobi dalam duel akhir melawan Darth Vader di Death Star..

Nah, jawaban yang jelasnya adalah Ben Kenobi ingin Luke, Leia dan teman-temannya sempat melarikan diri, dan pengorbanannya akan memberi mereka waktu tambahan. Selain itu mungkin saja Ben merasa Luke akan mengejarnya dan membantunya bertarung melawan Darth Vader, dan merasa Luke Skywalker muda itu belum siap menghadapi Vader yang masih jauh lebih kuat darinya.


Selain dari itu, Obi-Wan Kenobi juga sudah memberitahu kepada Vader bahwa ia akan menjadi "lebih kuat dari yang bisa anda bayangkan" jika dia memukulnya saat itu. Apa yang ia maksud dengan pernyataan itu mungkin menyinggung fakta bahwa Obi-Wan telah tahu bagaimana bergabung menjadi satu dengan kekuatan Force, sehingga masih memungkinkan dia untuk melatih Luke dalam bentuk Ghost Force dalam sekuelnya.


Apapun alasan sebenarnya, pengorbanan Obi-Wan dalam film Star Wars pertama itu telah membantu mengukuhkan sosok Obi-Wan Kenobi sebagai salah satu karakter terhebat dalam Skywalker saga, dan tidak sabar menunggu kembali aksinya dalam serial TV Disney Plus yang baru akan rilis.


Berikut cuplikan video youtube yang keren dan menarik pertarungan duel akhir antara Obi Wan Kenobi dengan Darth Vader dalam versi Reimagined.



Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page