top of page
  • Writer's picturemandostar

Bagaimana Serial "The Green Hornet" Telah Menyelamatkan Karir Bruce Lee

Mandostar - Serial "The Green Hornet" Bruce Lee tidak begitu menjadi hit ketika ditayangkan selama satu musim pada tahun1966, tetapi empat tahun kemudian serial itu malah menyelamatkan karir Bruce Lee dan berhasil membuatnya menjadi seorang bintang.



The Green Hornet tidak menjadi hit besar ketika pertama kali ditayangkan, tapi hal itu memainkan peran penting dalam menyelamatkan karir film Bruce Lee, yang mencapai titik di mana sepertinya tidak berkembang ke mana-mana pada awal 1970-an. Namun kemudian, pada tahun 1971, ia membintangi film The Big Boss dan langsung menjadi bintang besar di Hong Kong.


Bertahun-tahun sebelumnya di tahun 1960an, Bruce Lee adalah aktor yang berjuang mencari pekerjaan di Hollywood. Dia mendapat terobosan besar ketika dia mendapatkan peran utama dalam serial ABC The Green Hornet, seri yang dibuat karena kesuksesan film Batman. Dalam pertunjukan itu, ia memerankan Kato, sahabat karib dari pahlawan tituler, yang diperankan oleh Van Williams.



Pertunjukan itu memberinya kesempatan untuk menampilkan gerakan kung fu-nya di layar kecil atau televisi, tapi sayangnya serial itu tidak benar-benar berjalan seperti yang dia harapkan. ABC membatalkan The Green Hornet setelah hanya satu musim, 26 episode musim pertama yang selesai pada tahun 1967. Sementara ia juga mengambil bagian kecil dalam beberapa pertunjukan dan film lainnya, Bruce Lee terus berusaha menyusun proyeknya sendiri untuk dia bintangi, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil.


Keberuntungan Lee berubah drastis dan sangat bersinar pada tahun 1971 ketika dia kembali ke Hong Kong dan menyadari ternyata dia tiba-tiba menjadi seorang selebriti di sana. Penulis biografi Bruce Lee, Matthew Polly, menjelaskan dalam bukunya, Bruce Lee: A Life , bahwa dia menerima tawaran untuk melakukan wawancara radio langsung - ditambah ada beberapa reporter yang menunggu untuk berbicara dengannya ketika dia tiba di bandara.


Bruce Lee tidak memiliki sesuatu pun yang mendekati tingkat popularitas ini saat di Amerika Serikat, dia menyadari bahwa serial TV Green Hornet yang berpengaruh atas ketenaran barunya itu. Rupanya, acara itu baru saja mulai ditayangkan di Hong Kong, dan meskipun tidak pernah lepas landas dengan orang Amerika, acara itu menjadi favorit pemirsa China yang menyebutnya sebagai "Kato Show". Seorang aktor bangsa China memainkan karakter seperti Kato adalah sesuatu yang memiliki daya tarik yang kuat bagi mereka.


Akibatnya, Bruce Lee kemudian dapat melakukan pembicaraan dengan dua studio film kung fu Hong Kong, Shaw Brothers dan Golden Harvest. Berkat ketenaran yang telah Lee kembangkan di area itu melalui serial The Green Hornet, ia mendapat tawaran dari kedua studio film dari Hong Kong tersebut.



Bruce Lee menolak Shaw Brothers karena mereka tidak dapat mencapai persyaratan yang disepakati, dan dia ragu-ragu untuk menandatangani kontrak dengan Golden Harvest, sebuah perusahaan muda yang baru saja terbentuk. Namun, dia mengerti bahwa dia membutuhkan pekerjaan itu. Lee saat itu telah kekurangan uang, dan karir aktingnya jauh dari yang dia inginkan.


Membuat kesepakatan dengan Golden Harvest itu terbukti menjadi salah satu keputusan bisnis terbaik yang pernah dibuat Lee. Kontrak dua film dengan Golden Harvest pun menghasilkan film The Big Boss dan Fist of Fury, yang sangat sukses dan merupakan hit box office yang sekarang dianggap sebagai salah satu film kung fu klasik terbaik. Karena film-film ini juga, Bruce Lee berubah dari aktor yang menganggur menjadi ikon seni bela diri internasional hanya dalam beberapa tahun.


Berikut ini video unik dan menarik dari Bruce Lee yang tampil sebagai Kato dan bertarung dengan Robin dalam serial TV Batman di tahun 1967.


1,154 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page