top of page
  • Writer's picturemandostar

Berbagai Jenis Storm Troopers di Star Wars dan Penjelasannya

Mandostar - Stormtroopers termasuk karakter paling populer dari franchise Star Wars, ada banyak jenis atau tipe Stormtroopers di Star Wars universe. berikut ini akan kita bahas satu persatu.



The Star Wars Universe dimulai pada tahun 1977 dengan film yang sekarang dikenal sebagai Star Wars: A New Hope, kemudian bersama dengan sekuelnya Star Wars: The Empire Strikes Back dan Star Wars: Return of the Jedi, yang mana membentuk trilogi Star Wars Original. A New Hope memperkenalkan penonton kepada para pahlawan dan penjahat yang akan memimpin trilogi ini dan menjadi kehadiran besar di film-film berikutnya, seperti Luke Skywalker, Leia Organa, Han Solo dan Darth Vader.


Kisah Star Wars terus berkembang di akhir 1990-an dan awal 2000-an dengan trilogi prekuel, berfokus pada latar belakang Anakin Skywalker/Darth Vader, dan setelah akuisisi Lucasfilm oleh Disney pada 2012, studio mulai mengerjakan trilogi baru. Kumpulan film terakhir ini memperkenalkan generasi baru pahlawan (Rey, Finn, dan Poe Dameron) dan penjahat (Snoke dan Kylo Ren), tetapi juga hadir banyak karakter dari film sebelumnya, seperti Han Solo, Leia, Luke, Yoda, R2-D2, dan C-3PO, tetapi juga karakter minor yang telah menjadi beberapa karakter paling ikonik dan dicintai dari waralaba yaitu Stormtroopers.


Stormtrooper adalah karakter populer dari Star Wars dan banyak digemari fans Star Wars, namun ada berbagai jenis di dalam kanon Star Wars – dan inilah masing-masing dari mereka.


Stormtroopers merupakan tentara elit Kekaisaran Galaksi, yang berfungsi sebagai pasukan penyerang garis depan dan menjadi pilar Militer Kekaisaran. Stormtroopers diperkenalkan di A New Hope dan sejak itu menjadi bagian penting dari waralaba, dan sementara mereka dikenal mengenakan armor warna putih (dan bahkan mendapat julukan "bucketheads" karena itu), ada banyak jenis stormtroopers di Star Wars kanon – inilah masing-masing dari mereka dan apa yang mereka lakukan.


Imperial StormTroopers & First Order Stormtroopers



Ini adalah stormtrooper yang seperti semua orang tahu, yang bekerja untuk Kekaisaran sebagai bagian dari pasukan mereka dan mengenakan baju armor putih klasik dengan senapan blaster E-11.


Penampilan mereka yang aneh membuat mereka menjadi wajah kekaisaran di banyak dunia yang mereka patroli melalui galaksi, tetapi seperti di kelompok militer lainnya, ada pangkat dan pasukan khusus dalam kategori stormtroopers. Mereka yang berada di posisi yang lebih tinggi dibedakan dari prajurit lainnya dengan pauldron yang menunjukkan pangkat militer mereka berdasarkan warna, seperti halnya komandan stormtrooper, yang mengenakan pauldron merah atau oranye.


Di antara berbagai jenis dan kategori stormtroopers adalah yang khusus seperti Swamptroopers, ahli dalam perang amfibi; Stormtroopers Gear cuaca basah, yang mengenakan baju besi yang sangat disesuaikan untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras, seperti salah satu planet pertambangan Mimban; Space Troopers, diperlengkapi untuk beroperasi di lingkungan Zero-G dan yang baju besinya dilengkapi dengan paket rebreather; Seatroopers, khusus dalam lingkungan perairan; dan yang kurang dikenal seperti Stormtrooper Chargers, yang cukup gesit dan dilengkapi dengan tongkat setrum selain armor stormtrooper standar.



Turunan-turunan penting dari stormtrooper yang lainnya adalah First Order Stormtroopers, juga dikenal sebagai "bucketheads" karena baju besi mereka memiliki desain dasar yang sama dengan pasukan Empire asli, hanya dengan beberapa perubahan untuk membuatnya menonjol. First Order Stormtroopers juga memiliki unit khusus, seperti juga electropod troopers, elite stormtroopers, executioner troopers, jet troopers, First Order raiders, First Order SCUBA troopers, First Order stormtrooper gunners, flametroopers, megablaster heavy assault troopers, mountain troopers, riot control stormtroopers, tech stormtroopers, and First Order treadspeeder drivers.


Snow Troopers



Snowtroopers adalah salah satu unit khusus dari Stormtrooper Empire dan First Order, dan mengenakan baju armor yang sangat berbeda dengan stormtroopers biasa. Mereka mengenakan baju armor dan helm berinsulasi yang dirancang khusus untuk cuaca dingin, dan Snow Troopers Kekaisaran bertempur selama Clone Wars di lingkungan yang keras seperti Orto Plutonia, Rhen Var, dan Toola.


First Order Snowtroopers dikerahkan ke Hays Minor dan banyak lainnya ditempatkan di Pangkalan Starkiller, yang diserang oleh pasukan Resistance, dan yang lainnya dikirim untuk menduduki Kijimi. Snowtroopers juga dapat dilihat dalam Pertempuran Crait, yang meskipun hanya bersalju di permukaan, memiliki sifat yang cukup mirip sehingga memerlukan bantuan pasukan khusus ini.


Sith Troopers



Ini adalah tentara elit tentara Sith Eternal dan dibesarkan di Exegol, dan sementara mereka membawa "Sith" pada nama mereka, mereka tidak diilhami dengan kekuatan itu. Armor mereka mirip dengan First Order Stormtroopers tetapi berwarna merah seperti warna bilah lightsaber Sith, dan mereka juga memiliki pasukan khusus, seperti jet trooper Sith, Sith trooper officer, dan sovereign protectors, mereka dibentuk dan dapat dilihat dalam film Star Wars: The Rise of Skywalker.


Cave Troopers



Cave Troopers adalah jenis lain dari stormtrooper spesialis, yang mengenakan armor scout trooper dan membawa blaster karabin, bersama dengan vibroknives besar (pisau dengan pisau kecil bergetar yang dapat memotong logam) dan peralatan penglihatan cahaya rendah untuk membantu mereka melihat di gelap. Pasukan ini pertama kali disebutkan dalam game roleplaying 2019 Allies and Adversaries, dan berasal dari sisi Legends dari alam semesta Star Wars, tetapi membuat lompatan ke kanon.


Coastal Defender Stormtroopers / Shoretroopers



Juga dikenal sebagai "shoretroopers" dan "Scarif Stormtroopers" karena mereka ditempatkan di Scarif, Coastal defender stormtroopers adalah varian khusus dari pasukan Empire yang dilatih dan diperlengkapi untuk pertempuran di lingkungan tropis. Mereka menggunakan senapan blaster E-11 dan E-22, membawa thermal imploder dan granat yang sangat eksplosif, dan mengenakan baju besi berwarna pasir dengan pita merah di lengan kanan mereka dan garis putih di sekitar pelindung bahu kiri mereka. Seperti stormtroopers biasa, mereka juga memiliki peringkat yang diidentifikasi dengan warna yang berbeda.


Magma Stormtroopers, Crimson Stormtroopers, & Lava Troopers



Crimson stormtroopers dilatih untuk beroperasi di daerah vulkanik yang panas, dan menonjol berkat armor merah mereka, yang merupakan armor stormtrooper biasa tetapi dalam warna yang berbeda. Di Legends, ini juga dikenal sebagai Magma Stormtroopers, tetapi dalam kanon, ada kategori troopers lain yang dikenal dengan nama itu. Sementara Pasukan Crimson bekerja di daerah vulkanik yang panas, pasukan Magma di kanon digunakan oleh Empire untuk menghancurkan Rebels di dunia pertambangan vulkanik, seperti Mustafar. Mereka mengenakan baju armor stormtrooper putih yang dirancang untuk menahan suhu yang sangat tinggi, dengan baju armor ekstra di kaki, pauldron peringkat hitam, dan respirator yang terhubung ke ransel.


Lava Troopers, di sisi lain, mengenakan baju besi hitam dengan helm dengan garis merah dan ditempatkan di Mustafar. Jenis stormtroopers ini muncul di miniseri buku komik Star Wars Adventures: Tales from Vader's Castle .


Death Troopers



Death Troopers dirancang untuk siluman, spionase, dan serangan mematikan, ditunjuk sebagai pengawal bagi perwira penting Imperial dan anggota Tarkin Initiative. Mereka mengenakan baju besi serba hitam dengan helm khusus dengan pengacak vokal, sensor gerak mikro, dan tampilan kepala dengan data yang mereka gunakan di medan perang. Mereka adalah varian polisi yang berbahaya, terlatih dalam pertempuran tidak bersenjata, senjata berat, penghancuran, dan banyak lagi, dan ahli dalam menutupi jejak mereka. Mereka membuat penampilan pertama mereka di Rogue One: A Star Wars Story , dan sejak itu muncul di media kanon lainnya, terutama Star Wars Rebels.


Sands Troopers



Sandtroopers beroperasi di dunia gurun, jadi armor mereka ditambah dengan kipas pendingin dan filter pasir helm, dan terlihat sangat mirip dengan armor stormtrooper biasa. Banyak dari mereka dikirim ke permukaan Tatooine , di mana mereka menggunakan dewbacks asli sebagai tunggangan, mendapatkan nama "pasukan Dewback", dan bertahun-tahun kemudian berpartisipasi dalam Pertempuran Jakku.


Flame Troopers & Incinerator Troopers



Flametroopers dilengkapi dengan senjata pembakar dan menggunakan desain baju besi yang berbeda, yang paling terkenal sangat mirip dengan snowtroopers. Mereka membawa ransel hitam yang melekat pada penyembur api khas mereka dan mengenakan kain yang memanjang dari kacamata mereka di atas mulut. Mereka dikerahkan ke Kashyyyk dan Agaris untuk mempertahankan fasilitas Imperial dari serangan fauna asli dan juga digunakan dalam serangan terhadap posisi musuh. Mereka pertama kali disebutkan dalam novel Lost Stars dan muncul dalam novel junior Adventures in Wild Space: The Rescue.


Incinerator Troopers, atau juga dikenal sebagai "pembakar", pasukan ini juga menggunakan persenjataan penyembur api yang kuat, dan dianggap sebagai salah satu kelompok yang paling menghancurkan karena mereka akan membakar musuh dan benteng mereka. Mereka mengenakan baju besi stormtrooper standar tetapi dengan tanda merah, pauldron, dan penyembur api dengan ransel, dan baju armor itu tahan terhadap panas. Mereka melakukan debut di serial Disney+ The Mandalorian , khususnya di episode "Bab 8: Redemption".


Jumptroopers & Rocket Stormtroopers



Pasukan ini juga dikenal sebagai Imperial Jump Troopers atau Rocket Stormtroopers, jumptroopers menonjol karena menggunakan jetpack, yang memungkinkan mereka untuk melompati tembok untuk menyerang benteng musuh antara lain selama pertempuran. Ada varian jumptroopers yang berspesialisasi dalam lingkungan planet yang berbeda, seperti jumptroopers Arktik (beroperasi di lingkungan dingin dan baju besi olahraga identik dengan pasukan salju serangan cuaca dingin), jumptrooper gurun, dan jumptrooper hutan, dengan baju armor yang mirip dengan pelindung Coastal defender stormtrooper.


Namun, ada kategori lain yang disebut Rocket Stormtroopers, dan mereka dilengkapi dengan peluncur rudal besar yang ditembakkan dari bahu yang memungkinkan mereka untuk merusak kendaraan dan bangunan dari jarak yang sangat jauh. Armor mereka adalah sama dengan stormtrooper biasa, tetapi beberapa dari mereka memiliki plat dengan simbol merah di bahu kanan mereka. Mereka membuat penampilan pertama mereka di game Star Wars Rebels: Recon Missions.


Imperial Shock Troopers



Imperial Shock Troopers bertugas sebagai pasukan elit di garis depan pertempuran dan sebagai keamanan untuk Empire dan Kaisar Palpatine . Mereka mengenakan armor stormtrooper dengan tanda merah di helm, spaulder, pelindung tulang kering, dan sabuk utilitas, dan berspesialisasi dalam senjata berat di medan perang. Penampilan pertama mereka di Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith, dan sejak itu muncul di media lain, kebanyakan buku komik.


Mortar Stormtroopers



Mortar Stormtroopers mengkhususkan diri dalam persenjataan mortir, dan baju besi mereka memiliki tanda kuning (identik dengan yang merah dari pasukan insinerator), pauldron kuning, dan ransel militer. Mereka membuat penampilan pertama mereka di The Mandalorian , dalam episode "Bab 14: Tragedy".


Scout Troopers & Patrol Troopers



Juga dikenal sebagai "biker scouts" dan "Imperial sharpshooters", Scout Troopers mengenakan baju besi yang lebih ringan daripada stormtrooper klasik, karena memberi mereka mobilitas yang lebih baik, dan sebagian besar digunakan pada misi yang melibatkan pengintaian. Desain helm mereka memungkinkan waktu reaksi yang lebih cepat saat mengemudikan sepeda yang lebih cepat dan dapat ditarik ke atas, menunjukkan wajah pemakainya.


Patrol trooper adalah varian khusus yang bertugas bertindak sebagai pasukan kepolisian respon cepat di lingkungan perkotaan. Armor mereka memiliki berbagai langkah lanjutan, seperti helm mereka yang memiliki kubah yang diperbesar yang memungkinkan mereka mengakses elektronik pencitraan yang ditingkatkan dan desain armor keseluruhan mirip dengan scout troopers. Mereka diciptakan untuk Solo: A Star Wars Story dan muncul di media lain yang terkait dengan film tersebut.


Range Troopers



Jenis stormtrooper lain yang dibuat untuk Solo: A Star Wars Story adalah Range Troopers, yang mengenakan helm yang mirip dengan stormtroopers coastal defender, baju armor berat dengan bulu dan pelat dada seperti stormtroopers serangan cuaca dingin, dan sepatu bot gription magnetik yang memungkinkan pijakan yang pasti di atas kendaraan yang bergerak cepat.


Shadow Troopers



Shadow Troopers mengenakan setelan serba hitam dari armor eksperimental (dengan desain yang sangat mirip dengan armor stormtrooper standar) dengan perangkat cloaking portabel, yang membuat mereka tidak terlihat dan sangat cocok untuk misi siluman. Mereka menggunakan berbagai macam senjata, termasuk blaster berat, granat flash, jetpack, dan senapan blaster khas E-11.



Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page