top of page
  • Writer's picturemandostar

Duel Bruce Lee vs Wong Jack Man: Pertarungan Paling Kontroversi Bruce Lee di Kehidupan Nyata

Updated: Jan 28, 2021


Mandostar - Pertarungan Bruce Lee yang paling kontroversial dan paling diperdebatkan di kehidupan nyata adalah pertarungannya dengan Wong Jack Man. Ada beberapa versi cerita berbeda tentang mengapa ini dimulai dan siapa yang keluar sebagai pemenang.


Ada perdebatan lama tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika Bruce Lee melawan Wong Jack Man, seorang seniman bela diri Tiongkok yang sangat terampil yang tinggal di California pada 1960-an. Saat Bruce Lee tinggal di daerah yang sama dengannya pada tahun 1964, keduanya terlibat dalam sebuah duel yang hanya disaksikan sedikit penonton. Pertarungan itu, dan peristiwa di sekitarnya, sekarang menjadi legenda.


Jauh sebelum menjadi bintang TV dan film kung fu, Bruce Lee mengembangkan reputasinya di California dalam keahliannya menekuni seni bela diri. Ketika mencoba untuk meningkatkan karirnya sendiri baik sebagai seniman bela diri maupun sebagai seorang aktor, Bruce Lee berteman dengan banyak selebriti terkenal Hollywood seperti Steve McQueen , James Coburn, serta pebasket legendaris Kareem Abdul Jabbar.


Selama tahun-tahun ini juga, dia menghabiskan banyak waktu untuk mengajar kung fu kepada orang lain, dan juga latihan sparring dengan juara seni bela diri seperti Chuck Norris dan Joe Lewis. Bruce Lee makin dikenal karena mau berbagi pengetahuan dan berbagi pengalamannya dengan siapa pun yang mau belajar, apa pun rasnya. Dia berjuang mencapai tujuannya untuk menyebarkan dan mempopulerkan beladiri kung fu dengan cara membuka sekolah seni bela diri di daerah tersebut.


Kegiatannya di California ini akhirnya mengarah pada apa yang tanpa diragukan lagi merupakan pertarungan kehidupan nyata Bruce Lee yang paling kontroversi dan banyak dibicarakan, yaitu melawan seorang pria bernama Wong Jack Man. Versi fiksinya digambarkan seperti dalam film Birth of the Dragon tahun 2015 .


Wong Jack Man

Dalam film tersebut, mereka berjuang menemui jalan buntu dan harus membentuk tim untuk melawan musuh bersama. Namun, cerita ini diakui hanya memiliki sedikit kemiripan dengan apa yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan nyata. Inilah mengapa pertarungan itu sangat diperdebatkan, bagaimana itu dimulai, dan berbagai kisah yang berbeda tentang bagaimana akhir pertarungan.


Mengapa Bruce Lee Bertarung dengan Wong Jack Man


Menurut beberapa catatan, tekad Bruce Lee untuk mengajarkan kung fu kepada orang non-Tionghoa telah menciptakan konflik besar dengan tokoh-tokoh penting dalam komunitas Tionghoa.


Istri Bruce Lee, Linda Lee Caldwell, yang hadir dalam pertarungan tersebut, merinci persiapan pertarungan dalam bukunya, Bruce Lee: The Man Only I Know . Dikatakan bahwa penentangan Tiongkok terhadap caranya begitu besar sehingga ketika Lee menolak untuk menghentikan apa yang dia lakukan itu, mereka mengirim salah satu petarung top mereka, Wong Jack Man, untuk menghadapi Lee dalam pertarungan duel satu lawan satu pada tahun 1964.


Bruce Lee, yang saat itu berusia 24 tahun, sudah cukup mahir dalam seni beladiri Wing Chun, yang dia pelajari dari Ip Man, sedangkan Wong adalah seorang ahli beladiri berusia 23 tahun dalam tiga gaya kung fu tradisional: Xing Yi Quan, Northern Shaolin, dan Tai Chi. Apa yang mereka sepakati adalah jika Lee kalah, dia akan menutup sekolah kungfunya untuk selamanya. Tetapi jika dia menang, dia akan diizinkan untuk terus melanjutkan sesuka hatinya, mengajar kung fu kepada siapa pun.


Wong Jack Man, di sisi lain, menyatakan bahwa dia melawan Bruce Lee karena tantangan yang dibuat Lee kepada master kung fu Tiongkok. Rupanya, ketika Lee melakukan pertunjukan seni bela diri di sebuah teater di San Francisco, dan kemudian dikabarkan ia pernah memberikan tantangan kepada para petarung yang mengira mereka bisa mengalahkannya. Juga dikatakan bahwa dia membuat pernyataan yang meremehkan tentang tendangan Shaolin Utara.


Wong tidak ada di sana, tetapi dia dikabarkan marah ketika mendengarnya. Dia juga mengklaim dia tidak pernah ingin Lee berhenti mengajar kung fu kepada orang-orang non-Cina karena itu bukan sesuatu yang dia pernah persoalkan.



Cerita versi William Chen Dalam Duel Bruce Lee Vs. Wong Jack Man


Hanya beberapa orang yang hadir saat pertarungan kontroversi itu berlangsung, dan ada versi berbeda tentang apa yang terjadi setelah keduanya saling bertarung. Seorang penonton, master Tai Chi William Chen, mengatakan bahwa pertarungan - yang berlangsung sekitar 20-25 menit tersebut- tidak ada pemenang yang pasti. Dia menggambarkan hasilnya sebagai seri, tetapi juga mencatat bahwa Wong menepati janji yang dia buat sebelum pertarungan untuk tidak menggunakan tendangan Shaolin Utara, merasa bahwa itu terlalu berbahaya. Chen telah menjelaskan bahwa meskipun Wong kesulitan menangkis beberapa serangan Bruce Lee, dia tetap menghindari menggunakan tendangan Shaolin utara khasnya.


Bruce Lee Mengklaim Kemenangan Atas Wong Jack Man


Namun cerita dari William Chen itu sangat berbeda dengan versi cerita yang diceritakan oleh Linda Lee Caldwell, istrinya Lee. Menurutnya, Bruce Lee mendapatkan keuntungan langsung saat melawan Wong Jack Man, yang pendekatan seni bela diri tradisionalnya tidak bertahan dengan baik melawan pukulan yang sangat cepat dari Bruce Lee. Berbeda dengan Wong, Lee tidak setuju gaya kung fu tradisional dalam pertarungan sebenarnya karena merasa terlalu membatasi. Dia sepenuhnya mendukung kombinasi gaya dan gerakan untuk cara bertarung yang lebih praktis (seperti gaya bertarung MMA sekarang ini).


Orang-orang yang datang bersamanya mencoba menghentikan pertarungan ketika mereka melihat betapa buruknya nasib Wong bertarung dengan Lee. Akhirnya, Wong mencoba melarikan diri, tetapi Lee tidak membiarkannya pergi, dan menyerangnya sampai lawannya itu menyerah.


Caldwell mengatakan Lee telah mengalahkannya dalam waktu kurang dari tiga menit. Dia mengakui, bahwa Bruce Lee memang memiliki beberapa kesulitan saat mengalahkannya. Tangan Lee terluka saat melawan Wong, dan karena pertarungan inilah dia berpaling dari gaya kungfu Wing Chun.


Pernyataan dari Linda Caldwell ini memiliki kemiripan yang kuat dengan pernyataan Bruce Lee kepada pers tentang pertarungan yang dia menangkan melawan yang di ibaratkan sebagai " Kungfu kucing ", yang harus dia kejar [informasi dari All That Interesting ]. Banyak yang menanggap komentar Bruce Lee tentang Wong. Wong Jack Man sendiri merasa mendapat kesan ini juga, dan ini juga yang mendorongnya untuk menceritakan versinya sendiri tentang pertarungan kontroversi tersebut.



Apa yang Dikatakan Wong Jack Man Tentang Pertarungan Bruce Lee


Wong Jack Man mengatakan bahwa ketika mereka saling mendekati satu sama lain, Lee berpura-pura berjabat tangan dengan ramah untuk kemudian mendaratkan pukulan yang murahan ke matanya. Menurut Wong, intensitas keadaan terus meningkat dari sana, dengan Lee melakukan banyak serangan yang dengan tujuan membunuh. Wong berkata bahwa dia benar-benar merasa Bruce Lee memang berniat membunuhnya.


Dalam menggambarkan serangan cepat tanpa henti dari Lee, dia menyamakan ikon seni bela diri itu dengan ibarat " banteng gila“. Wong khawatir dia harus membunuhnya, tapi pertarungan akhirnya berakhir karena Bruce Lee kelelahan. Tak berbeda seperti apa yang dikatakan Chen, Wong mengatakan pertarungan berkecamuk selama lebih dari 20 menit.


Setelah kejadian itu, menurut Wong, Bruce Lee diduga memberi tahu Wong Jack Man bahwa tidak satu pun dari mereka harus secara terbuka membahas pertarungan tersebut, karena itu hanya akan menimbulkan perdebatan tentang siapa yang benar-benar menang.


Awalnya Wong setuju dengan ini, tetapi dia mengatakan dia kemudian menjadi marah ketika dia mengetahui bahwa akhirnya dia digambarkan seperti sebagai pecundang. Akibatnya, Wong membuat tantangan publik kepada Bruce Lee di surat kabar San Francisco agar dia bisa membuktikan dirinya. Namun, Lee tidak pernah menjawabnya dan pertarungan kedua pun tidak pernah terjadi lagi.



Sayangnya, terlepas banyaknya perbedaan di antara semua cerita ini membuat sulit untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi. Banyak orang mengambil fakta bahwa setelah pertarungan dengan Wong Jack Man, Bruce Lee terus mengajar warga non-Cina di sekolah kungfunya, berasumsi berarti Lee pemenangnya dalam duel tersebut, mengingat syarat dan kondisi pertarungan itu digelarkan, namun itu juga bukanlah bukti yang 100% valid. Meski begitu, satu hal yang pasti bisa disepakati adalah apa yang terjadi hari itu di tahun 1964 adalah pertarungan terbesar dan paling kontroversial dalam hidup Bruce Lee.


Berikut ini video youtube kisah pertarungan kontroversi Bruce Lee dengan Wong Jack Man sesuai dengan pengakuan versi Linda Lee Caldwell, seperti dilansir akun youtube resmi Bruce Lee.


コメント


Post: Blog2 Post
bottom of page