top of page
  • Writer's picturemandostar

Dimanakah Luke Skywalker berada di masa Serial "The Mandalorian"?


Mandostar - Luke Skywalker berhasil menyelamatkan galaksi di dunia Star Wars beberapa tahun sebelum cerita dalam masa serial The Mandalorian terjadi - pertanyaannya di manakah Luke berada selama masa 'The Mandalorian '?



Pencipta The Mandalorian - yang merupakan Live action pertama serial Star Wars di TV, Jon Favreau menceritakan sebuah kisah lain yang terpisah dari Skywalker Saga. Banyak referensi untuk kanon Star Wars yang lebih besar diajukan dan dimasukkan, tetapi The Mandalorian season 1 tetap lebih berfokus pada cerita sendiri yang komplit.


Serial ini menceritakan kisah seorang pemburu hadiah (bounty hunter) Din Djarin (Pedro Pascal) ketika ia menemukan bayi langka dari spesies yang sama dengan Master Yoda, dan ia memutuskan untuk melindunginya dari pasukan jahat yang ingin menangkap bayi tersebut.


Dalam serial TV The Mandalorian ini tidak pernah secara langsung mengkonfirmasi berapa lama setelah trilogi original peristiwa-peristiwa dalam The Mandalorian ini terjadi, tetapi Favreau sebelumnya pernah mengatakan bahwa itu terjadi 5 tahun setelah kejadian dari Star Wars : Return of Jedi. Ini berarti dengan tegas menempatkan The Mandalorian terjadi dalam masa tahun 9 ABY (setelah pertempuran Yavin) dalam time-line Star Wars, yang kira-kira 25 tahun sebelum Star Wars: The Force Awakens.


Luke Skywalker belum muncul atau dirujuk selama The Mandalorian, tetapi keberadaannya telah disinggung dalam bahan kanon lainnya. Pengaturan masa 9 ABY di acara itu berarti Luke sudah mulai melatih Leia untuk menjadi seorang Jedi dan melanjutkan misi yang diperlihatkan dalam Star Wars : Battlefront II. Peristiwa itu terjadi di masa 5 ABY, dan baru pada 15 ABY Luke mulai melatih Ben Solo, putra dari Han Solo dan Leia.


Di tengah-tengah celah inilah peristiwa dalam serial The Mandalorian terjadi, meskipun lokasi persisnya Luke Skywalker di masa itu tidak pernah dikonfirmasi, periode itu dalam hidup Luke dihabiskan untuk mempelajari lebih dalam hal-hal Jedi sehingga ia dapat membentuk dan memperbarui Jedi Order. Ini mengharuskan Luke untuk bepergian di sekitar galaksi, menemukan potongan-potongan sejarah dari Jedi, dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan lebih baik tentang apa yang diperlukan untuk Jedi Order.


Dikarenakan kegiatan dan misi pribadi Luke tersebut, sulit untuk menentukan di mana ia berada selama The Mandalorian, karena ia bisa berada di mana saja. Perlu diketahui bahwa di masa-masa ini lah ia sudah mulai menjauh dari sorotan dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di galaksi. Luke sering ditemani oleh Lor San Tekka selama waktu ini dan mengunjungi lokasi-lokasi yang memiliki ikatan dengan Jedi dan Sith, seperti Ahch-To dan Mustafar.


Selama perjalanan inilah Luke mulai mengumpulkan buku-buku yang diambil Rey darinya seperti di dalam akhir kisah Star Wars: The Last Jedi.


Meskipun misi Jedi dari Luke saat ini sangat terpisah dari cerita dalam The Mandalorian, mungkin tidak terlalu sulit pula untuk mengubahnya di masa depan. Din Djarin dan baby Yoda pergi untuk mencari homeworld dari spesies baby Yoda di akhir The Mandalorian season 1, jadi ada kemungkinan pula Luke Skywalker juga dapat melakukan perjalanan ke planet Yoda beberapa tahun setelah kematiannya.



Sementara itu, Dark Saber juga adalah suatu hal yang bisa menarik perhatian Luke. Dark Saber adalah bagian kuno dalam sejarah Jedi, dan Luke bisa mulai mencarinya jika penggunaan senjata Moff Gideon tersebut terlalu banyak menarik perhatian. Lagipula, Luke mungkin saja bisa menjadi sosok pemilik yang sah dan cocok untuk Dark Saber pada saat itu seperti yang dikemukakan teori-teori dari fans Star Wars. Kemudian dengan konfirmasi masuknya mantan murid dari ayahnya, Ahsoka Tano di dalam musim ke-2 ini, mungkin The Mandalorian bisa saja diam-diam membangun sekilas kemunculan Luke Skywalker di masa itu, terutama juga karena kanon dan time-line nya sangat sejalan.


Berikut video cuplikan youtube tentang The Mandalorian dan seputar teori-teori mengenai Darksaber dan hubungannya dengan Luke Skywalker.




141 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page