top of page
  • Writer's picturemandostar

Ketika Shannon Lee Bercerita Tentang Kisah yang Ingin Diceritakan Ayahnya (Bruce Lee) Dalam Warrior


Mandostar - Di tahun 1972, jaringan televisi Amerika ABC mulai menayangkan serial seni bela diri berjudul “Kung Fu”, yang diproduksi oleh Warner Bros. Dalam 3 tahun serial itu meledak dan menjadi hits, melambungkan nama David Carradine, yang berperan menjadi seorang bhiksu buronan dari Shaolin dan mengembara di Wild West untuk mencari saudara tirinya.


Sebagai serial yang boleh dikatakan telah memperkenalkan kung fu kepada penonton Barat, serial tersebut mungkin akan terus berlanjut ke lebih banyak musim, seandainya bukan karena masalah narkoba yang menimpa Carradine. Namun konon, kabarnya itu bukanlah satu-satunya penyebab serial itu diberhentikan.


Diduga, Bruce Lee ditolak untuk peran utama dalam serial tersebut karena eksekutif jaringan ABC tidak menginginkan seorang Asia menjadi aktor utama serial itu. Lebih buruk lagi, desas-desus nya, Bruce Lee telah berkeliaran di AS, mengadakan pertunjukan yang berjudul “The Warrior” yang bertopik tentang kehebohan dan keajaiban seni bela diri, yang secara tidak langsung, seperti yang dibuat oleh Warner Bros dalam 'Kung Fu'. Apapun kebenarannya, Shannon Lee, putri Bruce Lee, berkata dia sekarang merasa keadilan telah datang, dan visi ayahnya akhirnya terwujud.


Serial “Warrior”, dibintangi seniman bela diri Jepang-Inggris Andrew Koji—yang di masa lalu mungkin akan diperan Bruce Lee sendiri- , dan Jason Tobin dari Hong Kong sebagai anak bos geng berkepala panas dan ambisius, muncul di HBO Go dan Cinemax.


Berlatar tahun 1870-an di San Francisco, rasisme anti-Cina, penyelundupan opium, korupsi, dan perkelahian buruh Irlandia–semuanya membumbui drama kriminal bersejarah yang kaya akan adegan perkelahian itu. “Saya rasa ‘dibenarkan’ adalah kata yang tepat, jika Anda pernah mendengar kisah dari serial "Kung Fu,” kata Shannon Lee, 51, seorang produser eksekutif “Warrior”, saat dia dan Koji–di ruang Zoom masing-masing, mempertimbangkan perkembangan dan dampak acara tersebut. . “[Saya merasa] benar, terutama karena dapat menceritakan kisah yang diinginkan ayah saya. Tapi butuh 50 tahun bagi kami untuk siap.”


“Waktunya tepat. Bahkan 5 atau 10 tahun sebelumnya saya tidak yakin kami bisa menayangkan acara ini seperti yang sudah kami lakukan. Butuh [sutradara film] Justin Lin untuk membawa ini ke layar. Saya rasa ayah saya akan melakukannya, (jadi) saya melakukannya, Justin melakukannya, [penulis] Jonathan Tropper melakukannya dan saya harap seluruh dunia juga melakukannya.”


Foto Shannon Lee semasa kecil, bersama dengan ayahnya Bruce Lee.

“Awalnya saya tidak mengira ini akan menjadi drama kriminal yang berkelas,”kata Andrew Koji (33). “Ini adalah kejutan yang menyenangkan. Saya membaca contoh skrip kerangka cerita, tetapi saya belum pernah mendengar tentang Cinemax, jadi saya tidak terbiasa dengan formatnya.”


Xenophobia adalah tema utama dalam serial tersebut, yang bagi Shannon Lee mencerminkan kondisi di dunia nyata. “Seri kedua meningkatkan ketegangan antara orang Irlandia dan Cina, polisi dan Cina, politisi dan Cina,”kata Lee. “Sungguh menakutkan bahwa pertunjukan kami sangat relevan dengan zaman. Saya melihat bagaimana orang-orang Cina menjadi (dianggap) jahat di sekitar virus corona, masalah ras yang muncul, masalah kesusilaan terhadap sesama manusia.”


“Kami mencoba menciptakan karakter yang nyata, penuh dan dalam, sehingga setiap orang merasa seperti manusia yang berharga. Kami ingin penggambaran yang bermakna sehingga [pemirsa] dapat terhubung dengan semua karakter. Jadi saya berharap, melalui hubungan antarmanusia dengan pertunjukan itu, xenofobia apa pun dapat dikurangi.”


Menjadi penjaga dalam legenda Bruce Lee telah menempatkan Shannon selalu dalam bayang-bayang panjang manusia dan mitos. Ironisnya, “Warrior” telah memberinya rasa kebebasan.


“Dalam filosofinya, mendongeng dan menjalani hidup dengan tujuan, di situlah dia dan saya beririsan,” katanya. “Namun dalam menjalankan bisnis, saya selalu berada dalam level hubungan yang berbeda dengan identitas saya sendiri: bagaimana identitas saya terpisah dengan identitasnya? Bagaimana cara menjalankan bisnis ini dan jujur ​​pada diri sendiri?”


“Ini teka-teki yang menarik, tetapi semakin saya merasa nyaman dengan diri saya sendiri, semakin sedikit masalahnya. Saya merasa saya sekarang membuat proyek saya sendiri, dan dari tempat yang pribadi dan menyenangkan. Pertunjukan ini – yang akan dia sukai – adalah produk dari itu.”

Mistik Bruce Lee mungkin telah membebani Koji, sebagai ahli bela diri Ah Sahm, sampai taraf tertentu. Tetapi Koji belajar mengatasinya.


Andrew Koji dalam Serial "Warrior".

“Awalnya saya tidak merasakan tekanan itu, tetapi di lokasi syuting di Cape Town, untuk seri pertama, orang-orang yang tidak tahu ide tentang pertunjukan itu namun baru saja mendengar namanya, langsung semua berkata, ‘You’re Bruce Lee ! Kamu Bruce Lee! ‘Di kepalaku aku berkata,”Aku bukan Bruce Lee!”


“Saya melakukan ini karena suatu alasan. Saya di sini menyelami dan menghidupkan karakter ini dan bekerja dengan orang-orang hebat ini. Saya melakukan ini dengan kemampuan terbaik saya. ‘Dan sejauh ini, saya tampaknya melakukan pekerjaan dengan baik.” kata Koji. [South China Morning Post]




337 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page