top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Kylo Ren, Pemimpin First Order dan Ksatria Dark Side yang Ambisius Menguasai Galaksi

Updated: Jan 18, 2021


Mandostar - Ben Solo atau lebih dikenal dengan nama Kylo Ren adalah putra dari pasangan Han Solo dan Leia Organa, Ben Solo tergoda sisi gelap dari force, terobsesi dengan Darth Vader yang juga merupakan kakeknya, dan terjebak ke dalam sisi gelap, Setelah masuk ke dalam sisi gelap, dia menamai dirinya Kylo Ren.


Kylo Ren juga adalah pemimpin dari pejuang sisi gelap Knights of Ren, Panglima dari First Order, dan menjadi apprentice/murid dari pemimpin tertinggi Snoke.

Kylo Ren bukanlah seorang Jedi ataupun Sith, tetapi merupakan produk dari ajaran kedua sisi itu, pernah mempelajari light side dan kemudian bergabung ke dark side.


Ben Solo atau Kylo Ren sewaktu muda merupakan murid dari Jedi master Luke Skywalker, yang juga pamannya sendiri. Tetapi tragedi terjadi ketika dia berpaling ke dark side dalam pengaruh Snoke dan membunuh murid-murid Luke lainnya serta menghancurkan kuil Jedi yang didirikan Luke, kejadian tersebut juga lah yang membuat Luke Skywalker mengasingkan diri ke planet terpencil.


Setelah itu Kylo Ren bergabung dengan First Order di bawah pimpinan supreme leader Snoke. Kylo Ren terdorong untuk menghancurkan masa lalunya dan bertekad untuk membasmi sisa-sisa terakhir dari Jedi, yang juga merupakan hasrat mendiang kakeknya Darth Vader, dan ia ingin menunaikan hasrat tersebut.


Kemudian itu First Order selalu ingin memburu keberadaan Luke Skywalker, begitu juga dengan kubu pemberontak Resistance yang di bawah pimpinan Leia Organa. Setelah menerima rumor seorang scout bernama Lor San Tekka di planet Jakku dikabarkan tahu bagaimana menemukan lokasi Skywalker, Pihak Resistance dan First Order pun memburunya di Jakku, Kylo menemukan San Tekka dan membunuhnya karena scout tersebut sebelumnya telah memberikan peta lokasi itu ke seorang pilot dari Resistance yang bernama Poe Dameron. Kylo dan pasukannya pun memburu Poe dan berhasil menangkapnya. Tetapi Poe telah memasang peta itu ke sebuah bank memori droid type BB-8 yang melarikan diri ke Jakku. Pemburuan pun berlanjut ke pencarian droid BB-8 yang hilang tersebut, First Order ingin menemukan peta lokasi Skywalker dan memburunya untuk memupus harapan terakhir dari kubu Resistance itu.


Kylo Ren, Panglima First Order dengan tentara Storm trooper-nya.

Pemimpin tertinggi Snoke memperingatkan Kylo bahwa dia merasakan adanya kebangkitan di Resistance, dan muridnya itu akan menghadapi ujian ketika dia akan berhadapan dengan ayahnya. Kylo pun bersumpah kesetiaannya hanya untuk Snoke.


Pemburuan pun berlanjut dan First Order berhasil menangkap Rey, seorang pemulung dari planet Jakku. Kylo tertarik dengan Rey karena Rey punya kemampuan force yang sangat kuat walaupun masih belum terasah. Koneksi misterius dari force tersebut sepertinya menghubungkan keduanya, dan akhirnya Rey pun berhasil melarikan diri dengan kekuatannya itu.


Pemburuan First Order dan Resistance pun terus berlanjut, dan akhirnya Kylo Ren berjumpa ayahnya Han Solo di dalam Starkiller Base, Han menyuruh Kylo untuk bertobat tetapi Kylo malah menusuk dan membunuh Han Solo dengan lightsabernya. Namun tindakan kejam dan mengejutkan ini tidak membuat Kylo merasa lebih kuat yang entah bagaimana malah ia merasa menjadi lebih lemah dan kurang stabil. Rey pun kemudian berhasil mengalahkan Kylo Ren dalam duel sengit light saber. Rey tidak membunuhnya dan melepaskannya, yang membuat Kylo semakin merasa menderita dan bertarung melawan dirinya sendiri.


Kylo Ren berduel dengan Rey

Kekalahan Kylo dari Rey pun membuat Snoke menilai Kylo lemah dan sentimental, Setelah mengetahui keberadaan markas Resistance, Pemimpin tertinggi Snoke pun kemudian memerintahkan Kylo Ren untuk memimpin misi penting menghancurkan para pemberontak Resistance yang dikomandoi ibunya Leia Organa.


Dalam pengejaran sisa-sia pemberontak Resistance yang melarikan diri, Kylo Ren berhasil menembak rusak kapal induk Resistance namun dirinya tetap tidak sanggup untuk menembak ibunya sendiri.


Kylo Ren juga semakin heran dan bingung koneksi force dyad nya dengan Rey yang makin kuat, dan melihat Rey yang telah menemukan Luke Skywalker, dan sedang dilatih oleh Luke di planet terpencil Ach-To.


Koneksi Force yang menghubungkan Rey dengan Kylo Ren.

Namun Kylo sekarang melihat Rey dapat menjadi sekutu dalam menghancurkan masa lalu yang dibencinya, dan mengajak Rey bergabung dengannya, Kylo Ren berhasil membujuk Rey walau dengan terpaksa.


Kylo Ren lalu membawa Rey menemui supreme leader Snoke, Snoke memerintahkan Kylo untuk mengeksekusi Rey tetapi malahan Kylo Ren menggunakan kekuatan forcenya mengaktifkan light saber Luke yang ada di sisi Snoke untuk membunuh masternya itu sendiri. Kekacauan besar pun terjadi tapi Rey tetap menolak ajakan Kylo Ren untuk memerintah order galaksi baru ini bersamanya.


Kylo Ren bersama tuannya, Supreme Leader Snoke.

Rey kemudian melarikan diri dan Kylo memberitahukan Jendral Hux bahwa Rey yang telah membunuh Snoke. Setelah itu Kylo Ren pun menyatakan dirinya sebagai Supreme leader yang baru menggantikan Snoke untuk memimpin First Order.


Kylo Ren terus gencar memimpin serangan ke kubu Resistance yang sedang terdesak, dan menemukan tempat persembunyian terakhir Resistance di Crait. Di Crait Kylo bertemu dengan Master Jedi Luke Skywalker yang juga merupakan pamannya itu, Luke meminta maaf kepada Kylo karena telah mengecewakannya dulu. Kylo marah dan menyerang Luke dengan light saber, pertarungan terjadi namun hanya untuk mengetahui bahwa sosok Luke itu hanyalah proyeksi dari kekuatan force-nya.


Sementara itu Rey berhasil membantu Leia dan anggota-anggota Resistance lainnya yang masih hidup melarikan diri dari Crait, dan berhasil melewati kejaran dari tentara First Order.


Jedi Master Luke Skywalker, yang juga adalah paman dari Kylo Ren.

Beberapa waktu berlalu dan setahun kemudian, Kylo Ren merasa dirinya terancam posisinya di First Order setelah mengetahui kembalinya Kaisar Palpatine yang menakjubkan, yang telah membentuk armada Sith yang besar di Exegol. Palpatine mengungkapkan bahwa ia lah yang telah menciptakan Snoke dan memanipulasi Kylo untuk seluruh hidupnya. Dia menawarkan kekuasaan pada Kylo Ren atas galaksi jika dia bisa berhasil menghancurkan Rey.


Hubungan koneksi force aneh Kylo dan Rey telah kembali dan terus meningkat. Dia mengetahui bahwa Rey adalah cucu dari Palpatine, dan Kylo kembali membujuk Rey untuk bergabung dengannya membentuk kekuatan force yang besar dan langka, untuk dapat menggulingkan pasukan Sith Lord, tetapi Rey kembali menolaknya dan tetap melakukan pengejaran tanpa henti.


Kylo kemudian berhadapan dengan Rey di tengah reruntuhan Death Star di Kef Bir, tetapi terganggu oleh kehadiran ibunya Leia lewat tenaga kekuatan force, yang mana membuat Leia kehilangan nyawanya sendiri karena memaksakan kekuatan force-nya.


Pertarungan dengan Rey pun tetap terjadi dan Rey kembali berhasil melukai Kylo dengan light saber karena Kylo Ren tiba-tiba mendengar suara ibunya Leia lewat force tetapi kemudian Rey menyembuhkan lukanya dengan kekuatan force heal dan meninggalkannya di Kef Bir.


Kylo Ren yang terluka itu kemudian memiliki visi tentang ayahnya yang telah meninggal, Han Solo, yang memberitahukan putranya bahwa dia mencintainya dan mempercayai bahwa masih ada sisi baik darinya. Jiwa Kylo Ren tergoyang dan kemudian melempar light saber Sith nya ke laut, kembali ke sisi terang dan menjadi Ben Solo lagi.


Ben Solo, ikut membantu Rey untuk menumpas Palpatine

Ben Solo bergegas menuju ke Exegol untuk membantu Rey melawan Sith Lord Palpatine, Rey dan Ben Solo yang saling membantu berhasil mengalahkan dan menghancurkan Sith Lord Palpatine, tetapi lewat pertarungan sengit yang membuatnya terluka parah juga. Mengingat dan mengenang mendiang kakeknya Anakin Skywalker, Ben Solo memberikan sisa tenaga forcenya untuk menyembuhkan Rey yang sudah sekarat dengan force heal. Dengan tindakan tanpa pamrih dan pengorbanan ini, Ben Solo kemudian meninggal dan binasa ke dalam kekuatan force-nya demi menyelamatkan Rey.

Sumber: Starwars.com


Bagi yang ingin melihat video tribut tentang Kylo Ren, bisa dilihat dari video youtube keren berikut ini yang dilansir oleh Ilia TS.




Quotes :

"Let the past die. Kill it, if you have to. That's the only way to become what you're meant to be." Kylo Ren.


A child who lost his way, a man who made mistakes. A story of redemption.











Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page