top of page
  • Writer's picturemandostar

Kumpulan Filosofi & Kata-kata Bijak Bruce Lee Yang Inspiratif (Bruce Lee Quotes)

Mandostar - Bruce Lee merupakan salah satu aktor bela diri legendaris yang paling populer di dunia. Selain dikenal sebagai aktor, Ia juga dikenal sebagai salah satu sutradara filmnya sendiri serta penulis yang cermat, dan juga ternyata seorang filosof yang handal berkat hobinya dalam membaca.


Keterampilan bela diri Bruce Lee yang menakjubkan telah membuatnya menjadi seorang legenda yang dikenal seluruh dunia, namun selain itu berbagai filosofi dan kata-kata bijaknya juga telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia hingga bahkan banyak tokoh-tokoh terkenal yang mengagumi filosofinya.


Pria kelahiran 27 November 1940 ini belajar bela diri sejak berusia 14 tahun. Jenis bela diri yang pertama dipelajari yaitu Wing Chun. Ia berguru dengan master kungfu bernama Yip Man dan juga Siu Hon Sung. Di samping itu, Bruce Lee juga mendapatkan keterampilan anggar dari ayahnya. Sehingga tidak heran apabila Bruce Lee memiliki ilmu bela diri yang hebat.


Bruce Lee mengawali kariernya sebagai bintang film pada 1964 di Amerika Serikat. Hal ini terjadi saat produser televisi sangat terkesan dengan penampilan Bruce dalam suatu turnamen karate. Tak hanya itu, Bruce juga sempat mendirikan sekolah kungfu yang bernama Lee Jun Fan, Gung Fu Institute.


Setelah kembali ke Hong Kong, ia membintangi sejumlah film yang sukses membuatnya terkenal dan menjadi idola di seluruh dunia.



Berkat keterampilan dalam ilmu bela diri dan ketenarannya itu, Bruce Lee menjadi salah satu tokoh bela diri yang menginspirasi banyak orang lewat filosofi dan kata-kata bijaknya. Berikut ini sejumlah kata-kata bijak dan filosofi Bruce Lee tentang kehidupan yang inspiratif dan penuh makna.



" Kosongkan pikiran, jadilah tak berbentuk, seperti air. Sekarang anda memasukkan air ke dalam cangkir, itu akan menjadi cangkir. Anda memasukkan air ke dalam botol, itu akan menjadi botol. Anda memasukkannya ke dalam teko, itu akan menjadi teko. Sekarang air bisa mengalir, dan bisa juga menghancurkan. Jadilah seperti air, temanku."


" Pengetahuan akan memberimu kekuatan, tetapi karakter memberimu kehormatan."


" Seorang guru bukanlah pemberi kebenaran; dia adalah pemandu, penunjuk jalan menuju kebenaran yang mana harus ditemukan sendiri oleh muridnya."


" Kesalahan selalu dimaafkan jika seseorang mempunyai keberanian untuk mengakuinya."


" Jangan berdoa meminta agar hidup dimudahkan, berdoalah agar diberi kekuatan mengatasi kesulitan."



" Orang bijak bisa belajar banyak dari pertanyaan konyol, dibanding orang bodoh yang hanya mampu belajar dari jawaban bijak."


" Belajar adalah proses penemuan secara terus-menerus, dan tanpa akhir. "


" Kunci menuju keabadian yang pertama adalah menjadikan hidup ini berharga untuk dikenang."


" Petarung yang sukses adalah seorang yang biasa dengan fokus setajam sinar laser."


" Momen itu bukan milik kemarin atau besok. Ia juga bukan hasil dari apa yang dipikirkan karena itu ia tak terikat oleh waktu."


" Kehidupan yang sesungguhnya adalah hidup untuk orang lain."


" Jadilah seorang pemimpi namun yang dilandasi oleh tindakan nyata."


" Lebih mudah mengajari seseorang menjadi terlatih kemampuannya, tetapi sulit mengajari untuk mengubah watak perilakunya."


" Ketika terlibat pertarungan setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda beda. "


" Perlakukan sesuatu layaknya mereka. Tinjulah ketika kamu harus meninju. Tendanglah ketika kamu harus menendang."


" Tugas besar kita bukanlah melihat sesuatu yang berkilau dari kejauhan tetapi melakukan sesuatu terhadap apa yang ada di tangan."


" Anda harus sanggup menerima kenyataan bahwa tidak ada pertolongan, kecuali menolong diri sendiri."


" Cinta itu layaknya sebuah persahabatan yang bergairah. Awalnya, sangat indah, seringkali panas dan kejam, tapi tetap saja bercahaya dan gemerlap. Seiring cinta bertumbuh, hati kita semakin dewasa dan cinta kita menjadi bara, yang menyala-nyala dan tak terpadamkan."


" Pertarungan yang bagus itu seperti seperti sebuah permainan kecil, tetapi dimainkan dengan serius."


" Berubah dimulai dari dalam ke luar. Kita memulainya dengan memperbaiki sikap kita, bukan dengan mengubah kondisi di luar kita."


" Cinta serupa persahabatan yang tertangkap api. Awalnya nyala api begitu indah, seringkali panas dan menakutkan, namun begitu ringan dan tak terasa."


" Seorang pria tidak pernah benar-benar kalah, kecuali ia ketakutan."


" Sebuah tujuan tidak selalu dimaksudkan untuk digapai, hal itu seringkali hanya berupa sesuatu yang harus dituju."


" Memahami seseorang bisa dilakukan dengan mempelajari orang tersebut saat bersikap terhadap orang lain."


" Jika kamu selalu membatasi segala sesuatu yang kamu lakukan, secara fisik atau hal lainnya. Itu akan menular ke pekerjaan dan hidupmu. Tidak ada batasan apapun. Hanya ada kestabilan, dan kamu tidak boleh berada disana, kamu harus melampauinya."


" Selalu menjadi dirimu sendiri, ekspresikan dirimu, percaya pada dirimu, jangan melihat dan mencari orang sukses dan menirunya."


" Lakukan sesuai bagaimana seharusnya, pukul ketika harus memukul, tendang ketika harus menendang."


" Menggunakan waktu adalah memanfaatkannya sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan ditentukan sebelumnya. Menghamburkan waktu adalah menyia-nyiakannya tanpa rencana dan sembarangan."


" Saya tidak pernah takut akan seseorang yang telah berlatih melakukan 10.000 macam tendangan dalam sekali waktu, tapi saya takut terhadap seseorang yang berlatih melakukan satu macam tendangan 10.000 kali."


" Pertarungan tidak dimenangkan dengan satu pukulan atau tendangan. Pelajarilah bertahan atau tidak sewalah seorang pengawal."


" Emosi yang cepat akan menjadikanmu orang yang bodoh dengan sangat cepat."


" Guru yang baik melindungi muridnya dari pengaruhnya sendiri."


" Memamerkan diri sendiri adalah kemenangan dari ide bodoh."


" Di dunia ini, aku tidak hidup untuk memenuhi ekspektasi Anda dan Anda juga tidak hidup untuk memenuhi ekspektasiku."


" Kekalahan bukanlah kekalahan kecuali diterima sebagai kenyataan di dalam pikiran Anda sendiri."




Comentaris


Post: Blog2 Post
bottom of page