top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Apa yang Terjadi pada New Republic di Masa Antara Mandalorian dan Force Awakens?


Mandostar - New Republic seharusnya mengembalikan keseimbangan galaksi setelah kekalahan Galactic Empire, tetapi sesuatu terjadi di masa antara The Mandalorian dan Star Wars: The Force Awakens. Siapapun yang menyaksikan The Mandalorian akan menemukan bahwa galaksi telah banyak berubah sejak Return of Jedi. New Republic telah menjadi kekuatan politik yang dominan, dengan loyalis Kekaisaran terakhir - seperti Moff Gideon - bersembunyi dalam bayang-bayang.


Kelahiran New Republic diceritakan dalam trilogi Aftermath Chuck Wendig, yang berlatar tak lama setelah peristiwa  Return of the Jedi. Galactic Civil War berlanjut antara Kekaisaran dan New Republic selama setahun setelah kematian Palpatine, dengan sisa para Imperialis yang setia melanjutkan dan melaksanakan apa yang mereka yakini sebagai perintah terakhir dari Emperor Palpatine, yaitu strategi bumi hangus untuk menghancurkan seluruh galaksi.


Peristiwa ini memuncak dalam pertempuran terakhir di planet Jakku yang telah dirancang untuk meledak seperti ledakan bom kosmik, yang dimaksudkan untuk menghancurkan armada New Republic. Untungnya, agen Republik berhasil menonaktifkannya, dan sebaliknya sisa Kekaisaran berhasil dibubarkan.



Mantan penasihat Palpatine, Mas Amedda, yang telah mengambil alih kekuasaan Coruscant, menandatangani Galactic Concordance untuk membawa perdamaian ke galaksi. Mandalorian ditetapkan empat tahun kemudian, dengan kekuatan militer pusat berkurang secara signifikan dan setiap sektor sekarang bertanggung jawab atas pertahanannya sendiri, tetapi di bawah pengawasan New Republic.


Republik Baru berhati-hati dalam mengulangi kesalahan masa lalu, terutama yang berkaitan dengan sentralisasi kekuasaan. Hal ini sebenarnya menyebabkan ketegangan yang tinggi di seluruh galaksi, dengan masing-masing sistem bertanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri, dan para geng kriminal memanfaatkan kekosongan kekuasaan.


Bekas petinggi dari Kekaisaran yang menyerah dan sekarang telah bergabung dengan New Republic mendorong tangan yang lebih kuat, dan seiring berlalunya dekade, politik menjadi semakin terpecah. Bertahun-tahun telah berlalu, beberapa senator dan mantan pemimpin militer dari masa Galactic Civil War mulai percaya dan curiga bahwa beberapa peristiwa terjadi direkayasa untuk menyebabkan perang sekali lagi.


20 tahun setelah peristiwa The Mandalorian, Leia Organa mengajukan tawaran untuk menjadi Kanselir Republik Baru, tetapi ia gagal. Kemudian dia mengorganisir gerakan baru yang dinamai Resistance bertujuan untuk melawan ancaman yang tak terlihat dan ia lihat beroperasi dalam bayang-bayang, namun ia dilarang dalam membangun gerakan Resistance itu dan terpaksa keluar dari New Republic dan tersingkir sekaligus dicap menjadi penjahat. Kisah itu diceritakan dalam novel Claudia Grey, Bloodline.



Kecurigaan Leia benar. Dengan Leia tersingkir dan Senat melemah, sejumlah bekas petinggi Kekaisaran memisahkan diri dari Republik Baru untuk membentuk badan politik yang disebut First Order. Mereka bersekutu dengan pasukan Palpatine tersisa yang setia, yang melarikan diri ke  Wilayah Tak Dikenal atau unknown region setelah Pertempuran Jakku dan diam-diam telah membangun armada besar secara rahasia. Awalnya ada perdamaian yang tidak nyaman antara First Order dan New Republic, dengan New Republic secara serius meremehkan kekuatan militer First Order yang baru lahir tersebut.


Semua itu berakhir dalam trilogi sekuel Star Wars, dengan ibu kota Republik Baru yaitu Hosnian Prime - dan sebagian besar kepemimpinan politiknya - dihancurkan oleh Starkiller Base di Star Wars: The Force Awakens. Sementara itu, First Order telah menggunakan pengetahuannya mengenai Unknown Region untuk mengirim armadanya mengelilingi setiap tepian galaksi. Mereka meluncurkan Blitzkrieg yang menakutkan di seluruh galaksi segera setelah kehancuran Hosnian Prime, yang pada dasarnya telah memecah dan menghancurkan New Republic dalam semalam.



Episode serial dari Star Wars Resistance menunjukkan masih ada segelintir galaksi yang bersikeras menganggap diri mereka sebagai bagian dari Republik Baru, tetapi junlah mereka sedikit dan jarang, terisolasi, dan kalah persenjataan. New Republic mungkin lahir dari sebuah harapan baru, tetapi sayangnya ia lenyap dan mati dalam perang secara tragis.


Berikut ini bisa dilihat video penjelasan sejarah singkat dari New Republic dan bagaimana sistem pemerintahan yang baru ini bisa gagal.


Comentários


Post: Blog2 Post
bottom of page