top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Asal Mula Terbentuknya First Order


Mandostar - Ketika Rebel Alliance berhasil menghancurkan Death Star II pada akhir Star Wars: Return of The Jedi dan runtuhnya Galactic Empire, tampaknya galaksi yang far far away akhirnya akan mengalami kedamaian lagi. Dan itu terjadi… untuk sementara waktu. Namun, beberapa dekade kemudian, The First Order lahir dan muncul dari sisa-sisa Kekaisaran untuk menciptakan malapetaka bagi New Republic. Ternyata kediktatoran ini juga berakar dari dalam The New Republic itu sendiri.

Sementara kita tahu bahwa kekuatan militer First Order dibangun dalam beberapa dekade setelah Pertempuran Jakku di wilayah yang tak dikenal oleh bekas para pemimpin dari Galactic Empire yang berhasil melarikan diri, First Order ternyata juga dimulai dari dalam New Republic itu sendiri. Agen dari First Order membantu mendorong peran sentralisasi yang lebih kuat dari pemerintah New Republic, yang pada gilirannya menyebabkan kebuntuan politik, memaksa sistem baru yang membuat wilayah takut kehilangan kendali atas otonomi mereka, dan memecahkan diri dari New Republic - dalam sebuah koalisi yang disebut First Order, yang dipimpin oleh Pemimpin tertinggi Snoke.



Bahkan untuk penggemar Star Wars yang tidak terlibat dalam materi tambahan yang dibuat oleh Lucasfilm, seperti buku dan seri komik, jelas The First Order terkait erat dengan Galactic Empire , dari tentara stormtroopers yang menyusun peringkatnya hingga mengandalkan senjata jenis penghancur planet seperti Star Killer Base. Bahkan beberapa perwira paling senior The First Order awalnya bertugas di The Empire, seperti Allegiant General Pryde di The Rise of Skywalker.


Yang pasti, jika pasukan Empire yang selamat dari Pertempuran Endor dan pertempuran berikutnya dengan Rebel Alliances tidak melarikan diri ke Wilayah Tidak Dikenal dan mengkonsolidasikan kembali pasukan mereka, maka kita tidak akan memiliki First Order. Namun, kita sekarang juga tahu bahwa First Order juga memiliki operasi yang secara halus mendorong perpecahan di dalam New Republic, sehingga First Order juga tercipta berkat sistem baru atas wilayah yang takut bahwa New Republic akan merebut otonominya.


Di satu sisi, ini mengingatkan pada perpecahan yang terjadi dalam era Trilogi Prekuel Star Wars , yang berpuncak pada Clone Wars yang berlangsung antara Old Republic dan Konfederasi Sistem Independen. Konflik itu memuncak dengan kebangkitan Kekaisaran Galactic Empire. Sedangkan dalam era New Republic setelah The First Order naik ke tampuk kekuasaan, Kelompok The Resistance yang dipimpin Jendral Leia Organa memisahkan diri dari New Republic untuk memerangi organisasi otokratis ini.



Seperti yang terlihat dalam The Force Awakens, New Republic akhirnya dihapus seluruhnya setelah Starkiller Base menghancurkan ibu kotanya, Hosnian Prime. Pada saat The Rise of Skywalker berguling, The First Order menggabungkan kekuatannya dengan Palpatine untuk membentuk The Final Order, dan sepertinya kediktatoran ini akhirnya akan menguasai seluruh galaksi dan memerintahnya sebagai Kerajaan Sith. Untungnya, sisa-sisa The Resistance dibantu oleh bala bantuan di menit-menit terakhir dan mampu menjatuhkan The Final Order untuk selamanya, yang berarti galaksi sekali lagi damai… untuk saat ini.


Berikut ini bisa disaksikan video youtube ulasan beberapa fakta mengenai First Order dalam dunia Star Wars.


Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page