top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Pengaruh Bruce Lee Dalam Sosok The Magistrate di Serial The Mandalorian Season 2

Updated: Dec 10, 2020


Mandostar - Morgan Elsbeth atau The Magistrate membuktikan diri sebagai seorang lawan yang kuat dan layak di dalam serial The Mandalorian chapter 13: The Jedi. Mengingat hubungan aktor tersebut dengan legenda seni bela diri Bruce Lee.


Morgan Elsbeth diperankan oleh Diana Lee Inosanto, Morgan Elsbeth - Magistrate of Calodan (di planet Corvus) - membuat penampilan Star Wars pertamanya di The Mandalorian chapter 13 The Jedi, memegang tombak Beskar dan bertarung sengit dengan Jedi Ahsoka Tano (Rosario Dawson).


Ahsoka Tano menuntut Elsbeth untuk memberinya informasi yang diperlukannya; yaitu, lokasi Grand Admiral Thrawn - master dari Morgan Elsbeth yang juga merupakan karakter Expanded Universe favorit penggemar yang diperkenalkan kembali ke kanon tepat di acara TV animasi Star Wars Rebels.


Dalam chapter 13: The Jedi, Sebagai imbalan atas perdamaian dengan Ahsoka, Magistrate Morgan Elsbeth memberi penawaran untuk menyelamatkan nyawa Calodan - yang terlihat menyiksa warganya dan menahan mereka di dalam kandang yang dialiri listrik. Namun Ahsoka memberi waktu satu hari kepada Magistrate dan memperingatkan mereka untuk melepaskan para tawanan-tawanan itu.



Ketika Ahsoka dan Mando (Pedro Pascal) menyerbu kota esok harinya, Morgan Elsbeth melibatkan diri dalam sebuah duel dengan Ahsoka, tombak Beskar miliknya cocok untuk melawan lightsaber kembar Ahsoka dalam sebuah pertarungan sengit yang mengingatkan pada film dari Toyisha Fujita berjudul Lady Snowblood (yang menginspirasi film Kill Bill dari Quentin Tarantino).


Ahsoka Tano, tentu saja berhasil memenangkan pertarungan itu dan mungkin telah mengeksekusi Morgan Elsbeth di luar layar, yang kemudian memberinya tombak Beskar kepada Mando sebagai imbalan atas bantuannya. Mungkin menurut Ahsoka tombak beskar merupakan senjata yang bisa memberi Mando kesempatan bertarung melawan pemegang lightsaber yang mungkin akan dia temui dalam masa depan.



Diana Lee Inosanto, aktor yang berperan sebagai Magistrate, adalah seorang seniman bela diri dan stuntwoman berpengalaman. Dia dilatih oleh ayahnya, Dan Inosanto, yang merupakan murid dan teman baik dari Bruce Lee .


Diana Lee Inosanto bahkan sebenarnya adalah anak baptis dari Bruce Lee (nama tengahnya 'Lee' merupakan penghormatan kepada mendiang aktor Bruce Lee) dan baru-baru ini menyumbangkan kata pengantar untuk biografi dari Fiaz Rafiq yang berjudul Bruce Lee: The Life of a Legend . Inosanto menulis bahwa dia tumbuh dengan memanggil Lee " Paman Bruce " dan bahkan tidak begitu menyadari ketenarannya pada saat itu.


Diana Lee Inosanto(paling kiri) dengan ibunya bersama Bruce Lee dan istri.

Meskipun demikian, Diana Lee Inosanto juga menulis bahwa Lee adalah "orang yang mendobrak batasan rasisme, mendobrak tembok diskriminasi Hollywood, dan menjembatani dunia Timur dan Barat " dengan karyanya. Lucunya, "menjembatani dunia Timur dan Barat" pada dasarnya adalah gagasan George Lucas untuk Star Wars ; kisah epik fiksi ilmiahnya sebagian besar terinspirasi oleh gabungan antara film-film barat dan samurai.


Adapun Diana Lee Inosanto, aktor dan pemeran pengganti veteran yang telah muncul dalam berbagai produksi sejak akhir 1980-an, termasuk Buffy the Vampire Slayer, Star Trek: Enterprise , dan Alita: Battle Angel.


Sutradara dari Alita, Robert Rodriguez, juga akan mengarahkan episode The Mandalorian musim 2 - tambahan yang pas, mengingat sejarahnya dengan para pemeran dari acara ini. Pengaruhnya sangat menonjol dalam episode Inosanto, yang juga menampilkan Dawson dan aktor Michael Biehn (yang sama-sama membintangi Grindhouse karya Rodriguez).



Sementara sosok Magistrate dianggap telah tewas, ini tidak secara eksplisit direferensikan, atau disaksikan di layar, yang berarti Inosanto kemungkinan dapat kembali ke peran tersebut, meskipun ini memang agak tidak mungkin. Bagaimanapun, Diana Lee Inosanto adalah tambahan yang luar biasa (walaupun singkat) untuk The Mandalorian , dan sosok Magistrate tidak diragukan lagi akan terus dieksplorasi di media lain dalam dunia Star Wars.

Berikut ini video youtube fighting scene dari Ahsoka Tano dalam serial Mandalorian dan pertarungan dengan Magistrate Morgan Elsbeth dalam serial Mandalorian chapter 13: The Jedi.




Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page