top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Apa yang Ditakuti Luke Skywalker Untuk Melatih Rey?

Updated: Feb 3, 2021


Mandostar - Mengapa Luke Skywalker terlihat sangat takut untuk melatih Rey? Star Wars telah mengungkapkan alasan sebenarnya mengapa Rey sampai bisa menakuti Jedi Master Luke Skywalker.


Ketika Rey tiba di planet Ahch-To untuk mencari Luke, Rey terkejut melihat bahwa Luke Skywalker menjadi seorang guru yang putus asa dan tidak punya kemauan. Seorang Jedi Master tua yang telah menyerah kepada kekuatan Forcenya, menyalahkan dirinya sendiri terlalu dalam atas kejatuhan Ben Solo ke sisi gelap. Luke yang akhirnya memilih mundur dan memutuskan dirinya dari force, tapi jelas dari itu dia menjadi lebih waspada agar tidak mengulangi kesalahan masa lalunya itu.


Dalam satu adegan kunci dalam Star Wars: The Last Jedi, saat melatih Rey, Luke menyaksikan langsung dan dengan ketakutan saat Rey terjun dan mengarah langsung ke sisi gelap Force. "Saya pernah melihat kekuatan mentah ini hanya sekali sebelumnya," katanya pada Rey. " Ben Solo. Itu tidak cukup membuatku takut saat itu, tapi sekarang bisa menakutkanku." Saat dia menatap Rey, Luke menjadi semakin sadar dan melihat akan semacam ikatan Force antara Rey dan Kylo Ren - dan dia merasa itu sangat mengganggu baginya.


Lucasfilm baru-baru ini menerbitkan sebuah buku berjudul Secrets of the Jedi, yang konon disusun dari catatan Luke Skywalker sesaat sebelum kematiannya. Dalam satu bagian ia membahas gagasan ikatan Force, menjelaskan Force dapat digunakan untuk menghubungkan dua orang secara mistis.



"Meskipun ini mungkin tampak seperti kemampuan yang tidak berbahaya - dan bahkan mungkin kemampuan yang berharga -, " tulis Luke, "Hal itu mudah dimanipulasi oleh mereka yang berada di sisi gelap. Beberapa pengguna Force yang kuat telah mampu menciptakan ikatan rahasia dengan orang lain yang tidak menyadari keberadaan koneksi mereka. Mereka kemudian bisa menggunakan ikatan ini untuk merusak target mereka dan mengendalikan tindakan mereka. Bahkan jika ikatan yang tidak diinginkan terdeteksi, itu bisa sangat sulit untuk diputuskan." Teks tersebut disertai dengan gambar Rey dan Kylo Ren, memperjelas siapa yang dipikirkan Luke Skywalker ketika dia menulis kata-kata ini.


Kewaspadaan Luke Skywalker bisa dimaklumi karena ia takut dan percaya bahwa sejarah bisa terulang kembali. Emperor Palpatine menggunakan ikatan Force untuk merusak Ben Solo, yang mungkin dia ciptakan bahkan sebelum Ben lahir. Kaisar Palpatine telah mengawasi Ben dari jauh sejak lama, secara halus dan perlahan memanipulasi dia, bahkan Ben bisa mendengar bisikan Palpatine ketika dia sedang berdiri di samping Luke Skywalker.


Luke sendiri tidak dapat menyadari kebangkitan Palpatine, tapi tidak diragukan lagi dia telah menghabiskan waktu tahun-tahun pengasingannya dengan melihat ke belakang dan menyimpulkan bahwa Snoke telah menciptakan ikatan rahasia semacam itu. Jadi, ketika Luke memandang Rey dan mengetahui hubungan forcenya yang spesial dengan Kylo Ren, dia langsung berasumsi bahwa keponakan sekaligus mantan muridnya itu mencoba trik yang sama terhadap Rey.



Tentu saja, dalam kenyataannya Rey dan Kylo Ren tidak hanya terikat; mereka adalah Force Dyad, Konsep ini hanya sekilas dijelaskan dalam Star Wars: The Rise of Skywalker, tetapi dalam buku Star Wars berikutnya telah mengkonfirmasi bahwa force dyad itu adalah fenomena alam yang diciptakan oleh kehendak Force, yang dapat dikembangkan.


Force Dyad tidak pernah terlihat selama ribuan tahun, karena tampaknya membutuhkan sisi terang dan gelap dari Force. Akibatnya, baik Luke Skywalker maupun Emperor Palpatine bahkan tidak tahu apa yang sebenarnya mereka hadapi.


Berikut ini video youtube wawancara Mark Hamill (pemeran Luke Skywalker) menjelaskan alasan Luke tidak mau melatih Rey pada awalnya.



134 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page