top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Mengapa Tidak Semua Mandalorian Memiliki Jetpack ?


Mandostar - Disney + memulai debutnya dalam serial tentang seorang pemburu bayaran sebagai bagian dari peluncuran besar layanan streaming berjudul The Mandalorian. Hampir setahun kemudian dan serial tersebut telah berkembang menjadi mega-hit berkat pengenalan "The Child" alias Baby Yoda. Terlepas dari adegan kemampuan mencuri bayi yang sensitif-Force, Seorang Mandalorian Din Djarin dengan latar belakangnya yang menarik juga menjadi fokus utama dari serial ini. Sementara bangsa Mandalorian sudah terbukti sebagai pejuang yang terampil, hanya beberapa orang terpilih saja yang dilengkapi dengan perlengkapan jetpack, dan ada beberapa alasan mengapa demikian. Jetpack adalah barang langka di alam semesta Star Wars di saat itu, dan itu menjadi bukti lebih lanjut di serial The Mandalorian.


Sebelum Din Djarin menjadi pemburu hadiah yang paling banyak dibicarakan di antara waralaba, ada Boba Fett. Diperkenalkan di The Empire Strikes Back , Boba Fett berperan sebagai salah satu pemburu paling ditakuti di galaksi. Dia dikenal karena armor Mandaloriannya, yang mana sudah dimodifikasinya, termasuk jetpack Z-6 miliknya, yang memiliki gaya serupa yang digunakan oleh ayahnya, Jango Fett. Terlepas dari baju besi mereka, kedua sosok itu tidak memiliki ikatan hubungan sejati dengan bangsa Mandalorian. Faktanya, Boba Fett adalah clone dari ayahnya yang diciptakan untuk melanjutkan warisan pria tersebut. Selain mereka, jetpack juga digunakan oleh clone troopers, jump troopers, dan hanya beberapa faksi suku Mandalorian seperti Death Watch.


Baju besi Mandalorian adalah bagian utama dari identitas klan. Mereka yang berasal dari planet Mandalore memiliki tradisi mengenakan gaya baju besi yang serupa, termasuk helm berbentuk T yang menutupi wajah. Din Djarin, yang dianggap oleh klan sebagai anak terlantar, mengenakan baju besi simbolis, tetapi dia sempat memodifikasinya selama Mandalorian season 1. Ketika teman-teman dari bangsa suku Mandalorian akhirnya datang untuk menyelamatkannya saat berupaya melarikan diri dari Nevarro bersama Baby Yoda , Din memperhatikan bahwa beberapa dari mereka memiliki jetpack, dan dia bahkan sempat berkomentar bahwa "Saya perlu mendapatkan salah satu dari itu (jetpack)." Pada season 1 Mandalorian, Din hanya memiliki armor beskar di satu tangannya, tetapi itu di saat setelah Empire menghancurkan sebagian besar bangsa Mandalorian, meninggalkan Armorer hanya bisa mengumpulkan apa yang tersisa dari baju besi bangsa mereka.



Armor Mandalorian yang Sulit diperoleh Setelah Great Purge


Baju besi Mandalorian terbuat dari baja beskar, tetapi selama Pembersihan Besar-besaran atau Great Purge, Penguasa Empire telah menjarah dan mengambil sebagian besar pasokan dari baja beskar untuk pembangunan mereka. Din awalnya dalam serial juga terdorong untuk mengambil pekerjaan bounty yang menghasilkan reward beskar sehingga dia bisa mengupgrade baju besinya sendiri.


Setelah berhasil menunaikan misinya, Mando kemudian mencari The Armorer yang menggunakan baja beskar nya, melelehkannya, dan membuat baju besi yang baru untuk dipakai Din Djarin untuk sepanjang petualangannya. Mengingat substansinya yang sangat langka, tidak banyak kesempatan untuk menemukan atau membuat armor Mandalorian. Ide yang sama berlaku untuk jetpack dengan mempertimbangkan suku cadang yang diperlukan untuk membangun dan mengoperasikan perangkat. Salah satu anggota suku Mandalorian yang menggunakan jetpack adalah Paz Vizla , sosok yang terhubung dengan Death Watch.



Din Djarin untuk bisa mendapatkan jetpack dari The Armorer, para Mandalorian harus ada yang mati atau terbunuh, membuktikan betapa sulitnya mendapatkan jetpack di galaksi pada saat itu. Di satu sisi, akuisisi Din atas jetpack seperti menjadi sisi terakhir untuk bisa menjadi seorang Mandalorian sejati dan terkemuka. Beberapa bahkan dapat mengatakan itu seperti ritual peralihan untuk prajurit tingkat atas, mengingat jetpack hanya digunakan oleh tokoh paling terkemuka di klan.


Din Djarin semasa kecil diselamatkan oleh anggota Death Watch melalui penggunaan jetpack yang terjadi saat di planet asalnya. Kemudian dia menggunakan jetpack sendiri untuk menyelamatkan Baby Yoda di akhir season 1, perangkat jetpack itu menjadi seperti memiliki momen lingkaran penuh dalam hidup Din. Dengan sedikit Mandalorian yang tersisa, penggunaan jetpack menjadi lebih kecil, yang memberi Din keuntungan. Sangat menarik untuk melihat bagaimana kepemilikan berharga tersebut akan terlibat selama chapter berikutnya dari perjalanan Din dan Baby Yoda di The Mandalorian season 2.


Berikut video momen Mando atau Din Djarin mendapatkan jetpacknya pemberian dari The Armorer.

101 views0 comments

Commentaires


Post: Blog2 Post
bottom of page