top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Mengenal Pesawat Tempur X-Wing, Starfighter Legendaris Serbaguna yang Lincah dan Tangguh

Mandostar - Pesawat tempur X-wing adalah Starfighter serbaguna dari Rebel Alliance yang menyeimbangkan kecepatan dengan daya tembak. Dipersenjatai dengan empat meriam laser dan dua peluncur proton torpedo, Pesawat tempur X-Wing dapat menghadapi apa pun yang diluncurkan Empire. Mesin yang cepat dan gesit memberikan X-wing keunggulan selama pertempuran dogfights, dan dapat melakukan jump space dengan hyperdrive dan co-pilot astromech droid-nya. Luke Skywalker terkenal karena menghancurkan Death Star di dalam kendali pesawat X-wing.



Masa Perang Galactic Civil War


Bagi Rebel Alliance, aset terbesar X-wing starfighter adalah keserbagunaannya. X-Wing cukup gesit untuk melakukan pertempuran udara dengan TIE fighter dari Empire sementara cukup tangguh juga untuk melesat keluar dengan kapal-kapal besar Empire. Itu membuat mereka menjadi pilihan yang baik untuk Alliance dalam pertempurannya dengan Death Star pertama, di mana X-Wing harus melawan para starfighters dari Empire yaitu TIE fighter dan juga turbolaser emplacements dari Death Star, kemudian melakukan pengeboman di parit sempit di permukaan battle station Death Star untuk meledakannya.


Meskipun sering terbang bersama dengan model starfighter lainnya seperti Y-Wing dan A-Wing, X-wings tetap menjadi tulang punggung korps starfighter Rebel setelah Pertempuran Yavin. Mereka dengan tanggap melakukan tugas pengawalan selama evakuasi dari Hoth's Echo Base dan terbukti penting untuk serangan di Death Star kedua di dalam Pertempuran Endor .


Ketika Luke Skywalker pergi ke pengasingan di Ahch-To, Luke menenggelamkan X-Wingnya di lepas pantai - tetapi ketika kembali sebagai Ghost Force, dia menggunakan Force nya untuk mengangkat X-Wingnya kembali dan memperbaikinya untuk Rey. Rey lalu mengemudikan X-Wing tersebut ke Exegol, mengirimkan tanda signal lama dari pesawat Luke sehingga pasukan Resistance bisa melacak keberadaannya dan mengikutinya ke Exegol.



Resistance X-Wing


X-wing T-70 atau disebut juga X-Wing Resistance adalah pesawat tempur star-fighter khas dari Korps Starfighter Resistance. Lebih cepat dari X-Wing T-65 era Rebel Aliance, X-Wing Resistance cukup lincah untuk bermanuver melawan TIE fighter dalam pertempuran udara dogfight, dan tetap masih memiliki daya tembak yang cukup besar.



Grup Resistance yang kekurangan dana dalam melawan First Order sangat bergantung pada X-Wing hasil sumbangan atau pinjaman dari para senator New Republik yang simpatik dan juga dari pasukan keamanan lokal. Pilot ternama Resistance Poe Dameron menerbangkan X-wing khusus dengan warna gelap yang disebut Black One, dan terlibat dalam pertempuran di Jakku, melawan Star Killer Base maupun di pertempuran akhir di Exegol.


Ringkasan penjelasan mengenai pesawat tempur starfighter X-Wing di dunia Star Wars bisa dilihat di video berikut ini.


Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page