top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Obi-Wan Kenobi, Sosok Jedi Terpenting dalam Skywalker Saga

Updated: Jan 22, 2021

Mandostar - Asal mulanya diselimuti misteri. Masa mudanya didedikasikan untuk kekuatan misterius yang dikenal sebagai Force. Kedewasaannya dipenuhi dengan kemuliaan dan pertempuran. Tahun-tahun emasnya dihabiskan di planet emas, yang dibakar oleh cahaya dua matahari yang ganas. Hanya sedikit orang yang berhasil membentuk takdir galaksi seperti yang dilakukan oleh seorang Obi-Wan Kenobi. Selama saga Star Wars, ia melatih dua orang pengguna Force paling kuat yang pernah ada, menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya melalui keterampilan dan kepintarannya, serta mengambil bagian dalam pertempuran yang mengubah nasib galaksi alam semesta.


Dia juga seorang pelarian, buronan, jenderal yang kuat, murid, guru, teman, dan bahkan seorang figur ayah. Terlepas dari pengetahuannya yang mendalam tentang Force dan cara Jedi, dia tidak selalu bisa menyelamatkan orang-orang yang dia cintai dari sisi gelap. Tapi kekuatan Force mengikuti jalur misterius dan perjalanan Obi-Wan yang berliku-liku yang pada akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dari dunia Star Wars. Ini adalah kisah Obi-Wan Kenobi yang mulia, tragis, dan akhirnya tak terlupakan.



Seorang Youngling dalam pelatihan Jedi


Seperti kebanyakan Jedi, kepekaan Obi-Wan Kenobi terhadap Force diakui sejak usia muda. Sumber daya ekstra-kanon telah mengungkapkan planet asalnya adalah Stewjon. Namun, yang pasti dia datang ke Jedi Order saat masih muda, di mana dia memulai perjalanannya yang panjang dan berliku untuk benar-benar menjadi satu dengan the Force. Kehidupan seorang youngling, istilah yang digunakan untuk merujuk pada trainee termuda dari Jedi, sangat ketat, tapi penuh keajaiban. Obi-Wan diuji, terpesona, dan diperkenalkan pada pengetahuan tentang force.


Obi-Wan sebagai youngling cukup beruntung untuk belajar di bawah bimbingan Grand Master Yoda sendiri, mempelajari pelajaran yang tak ternilai dari makhluk hijau kecil namun sangat kuat dan bijaksana itu. Hari-harinya dalam mempelajari teks kuno, bagan bintang, dan the Force berlalu cepat, selain itu juga dalam pelatihan fisik Obi-Wan. Ketika waktunya tiba bagi Obi-Wan untuk menjadi seorang Padawan, yang pada dasarnya adalah pembentukan seorang master Jedi dalam pelatihan, dia dilatih oleh Qui-Gon Jinn. Qui-Gonn adalah orang yang mulia dan bijaksana, berpengalaman dalam cara-cara the Force. Singkatnya, dia adalah pilihan mentor yang sempurna untuk Obi-Wan.


Master dan Padawan


Bagi pelatihan seorang Jedi, tidak ada sosok yang lebih penting dari pada seorang Master atau guru yang membimbing mereka. Filsafat Jedi melarang keterikatan pribadi tradisional - mereka didorong untuk meninggalkan orang tua mereka, dan pasangan serta anak-anak sama sekali tidak mungkin. Ajaran Jedi mempercayai bahwa ikatan pribadi yang erat seperti ini dapat mengaburkan penggunaan Force seseorang, mengaburkan pemikiran jernih dan gambaran yang lebih besar dengan ikatan emosi sehari-hari.


Inilah mengapa Jedi memulai pelatihan mereka pada usia yang sangat muda - cara hidup mereka sangat asing, hanya sedikit yang dapat beradaptasi setelah mencapai usia dewasa. Dengan demikian, peran guru bagi Padawan tampak sangat besar dalam hidup mereka. Mereka adalah sosok seorang guru, saudara, orang tua, dan sekaligus teman.



Qui-Gonn Jinn adalah orang yang keras kepala. Kuat dalam the Force, dia selalu mengikuti intuisinya sendiri, menghargai dan mempercayai hubungannya dengan the Force alih-alih terpengaruh oleh suara-suara luar ... bahkan ketika suara-suara itu adalah Dewan Tinggi Jedi itu sendiri. Obi-Wan dan Qui-Gonn menjelajahi galaksi bersama saat mereka berlatih, memulai misi penjaga perdamaian, upaya diplomatik, dan menghadapi banyak misi berbahaya. Semua petualangan ini memberikan pelajaran berharga dan membantu membentuk seorang Obi-Wan menjadi Jedi yang perkasa.


Sebuah Misi yang berbahaya


Misi terakhir Obi-Wan dan Qui-Gon terbukti paling berbahaya, yang juga akan mengubah takdir Jedi Order, alam semesta, dan the Force itu sendiri. Qui-Gon dikirim untuk membantu negosiasi untuk apa yang seharusnya menjadi sengketa perdagangan sederhana. Secara alami, dia membawa Padawan-nya, Obi-Wan. Pasangan itu segera merasakan bahwa ini bukan misi biasa ... dan gas beracun serta droid tempur yang dikirim untuk membunuh mereka membuktikan bahwa mereka benar.


Mereka telah mengungkap sebuah plot yang membahayakan senator baru yang terpilih dari dunia damai planet Naboo, yaitu seorang wanita muda bernama Padme Amidala . Keduanya nyaris lolos dari Naboo, dengan Amidala dan pengiring pelayan di belakangnya, dan menuju ke planet terpencil Tatooine untuk memperbaiki pesawat mereka. Planet ini berada di luar kendali Republik, sarang perampok dan transaksi pasar gelap. Di sana, mereka bertemu dengan seorang bocah bernama Anakin Skywalker .


Obi-Wan meragukan ketertarikan Qui-Gon pada bocah itu, namun anak itu adalah seorang yang Force sensitif - dan yang kuat dalam hal itu. Kepercayaan Qui-Gon Jinn pada the Force membuatnya menyadari bahwa ini bukanlah sebuah pertemuan yang kebetulan, dan dia (dan oleh karena itu Obi-Wan) memiliki tugas untuk memberi anak itu pelatihan yang layak untuk menjadi seorang Jedi.



Kembali ke Coruscant


Tanpa sepengetahuan Obi-Wan atau Tuannya, malapetaka membara di jalan mereka. Mereka mulai merasakan lebih banyak gangguan dalam the Force ketika musuh misterius mulai mengikuti jejak mereka. Makhluk ini memiliki kekuatan gelap yang memungkinkan dia untuk memanipulasi the Force itu sendiri. Mereka diserang di Tatooine dan dengan cepat melarikan diri dari planet, akhirnya kembali untuk menyelesaikan misi mereka dengan mengantarkan Amidala ke Coruscant .


Coruscant telah menjadi semacam rumah bagi Obi-Wan, karena di sanalah sebagian besar pelatihannya berlangsung. Planet ini tercakup dalam kota dengan banyak tingkat yang luas dan merupakan rumah bagi Galaktic Republik dan markas besar Dewan Tinggi Jedi. Qui-Gon Jinn membawa Anakin Skywalker bersama mereka dengan harapan mereka bisa melatih bocah itu menjadi seorang Jedi dengan layak, namun saat itu Dewan Jedi menolaknya dengan alasan Anakin masih memiliki banyak ketakutan dan kemarahan.


Meskipun Obi-Wan dapat merasakan sesuatu yang aneh pada anak laki-laki itu, baru setelah mereka menerima hitungan midichloriannya, menghitung sel-sel hidup yang menghubungkan makhluk dengan the Force, barulah dia tahu apa itu. Hitungan Anakin tidak masuk akal dan sama sekali tidak pernah terdengar - Force jelas memiliki peran khusus untuk bocah ini. Yang membuat Obi-Wan senang, Qui-Gon mengumumkan bahwa sudah waktunya bagi Obi-Wan untuk siap dan menjadi seorang master jedi.


Tragedi dan Munculnya Musuh baru


Meskipun status Obi-Wan yang telah ditentukan sebagai Jedi sepenuhnya adalah hasil dari apa yang telah dia kerjakan sepanjang hidupnya, momen itu dirusak oleh sebuah tragedi. Seberapa besar periode waktu ini akan mengguncang fondasi Galactic Republic.


Ancaman sisi gelap the Force telah menjadi duri dalam sisi Jedi Order selama ribuan tahun. Lama dianggap sudah punah, ordo yang dikenal sebagai Sith rupanya telah bangkit kembali. Pemuja sisi gelap, kekuatan Sith yang tidak terlacak oleh Jedi. Sith Lord itu yang telah mengejar Obi-Wan dan Qui-Gon dari gurun tandus di Tatooine, dan Sith Lord yang sama yang akhirnya menghadapi pasangan itu di teluk hanggar di Naboo. Ia adalah Darth Maul.



Pertarungan sengit antara Jedi dan Sith pun tak terelakkan, Ketiga petarung itu bertarung dengan keterampilan lihai, hasrat, dan niat membunuh. Dalam satu pukulan dramatis, Qui-Gon dibunuh oleh Darth Maul saat Obi-Wan yang terkejut melihatnya. Marah dan berduka, Obi-Wan Kenobi menyerang Maul dengan membabi buta dan berhasil menebasnya dengan tebasan mematikan dari lightsabernya. Maul meninggal (sementara) dan jatuh ke dasar, Obi-Wan menang melawannya tetapi dengan harga korban yang sangat besar.


Harapan terakhir Qui-Gon Jinn


Obi-Wan Kenobi bergegas menenangkan gurunya yang sekarat itu, seorang pria yang baginya lebih dekat dengannya dibanding keluarga, menunjukkan semua yang dia tahu, dan selalu menjadi cahaya penuntun di jalan yang gelap. Qui-Gonn, sampai akhir, percaya pada kekuatan Force dan takdir besar yang telah ditetapkannya. Dia percaya bahwa takdir akan terpenuhi apa pun yang terjadi.


Dewan Tinggi Jedi telah melarang Qui-Gon dan Obi-Wan melatih Anakin Skywalker sebagai Jedi. Namun keinginan terakhir Qui-Gonn adalah melihat bocah itu dilatih. Dia yakin takdir anak laki-laki itu terkait dengan ramalan jedi akan menjadi chosen one, jadi dia memohon pada Obi-Wan untuk melatihnya, terlepas dari keinginan Dewan Jedi. Obi-Wan berjanji akan melakukannya. Dewan Jedi setuju memberi Obi-Wan gelar Jedi Master, dan bahkan, bagaimanapun keenggannya, tetap menyetujui pelatihan Anakin. Anakin Skywalker akhirnya menjadi Padawan dari Obi-Wan Kenobi, dan keduanya tumbuh besar dan akrab seperti Qui-Gon dan Obi-Wan dulu.


Sebuah Plot yang terungkap


Pelatihan Anakin dimulai dianggap terlambat untuk seorang Jedi, tetapi keahliannya yang luar biasa bisa menutupinya. Obi-Wan menggunakan semua pelajaran yang dia pelajari dari Qui-Gon untuk mengajari Padawan muda yang keras kepala cara dan kebijaksanaan dari kekuatan Force. Anakin adalah anak yang istimewa, dan sudah menjadi salah satu pilot terhebat di galaksi, dan juga menunjukkan keterampilan hebat dalam menggunakan lightsaber. Dia keras kepala, percaya diri, dan memiliki sedikit sifat liar, tapi kekuatannya yang begitu luar biasa, hampir tidak menjadi masalah ... pada awalnya.


Meskipun pada umumnya adalah hari-hari bahagia bagi Obi-Wan dan Anakin, ancaman sisi gelap terus meningkat. Sesuatu yang gelap membayang di luar penglihatan para Jedi Master yang bijak di dewan Jedi... sesuatu yang mengancam tatanan galaksi.


Kemudian dalam suayu misi Obi-Wan dan Anakin dipertemukan kembali dengan Padme Amidala yang kini menjadi Senator dari Naboo, mereka ditugaskan untuk melindunginya.



Obi-Wan mendapatkan petunjuk mengikuti intuisinya dan menelusuri serangkaian petunjuk ke planet Kamino, dunia yang berair dan dilanda badai, rumah bagi beberapa klon terbaik di galaksi. Di sana, ia pertama kali menemukan pasukan klon, yang sepenuhnya tumbuh untuk digunakan oleh pemerintah Galaksi. Pasukan klon yang akan menjadi alat yang hebat bagi Jedi Order di tahun-tahun mendatang ... dan juga bagi kejatuhan Republik dan Dewan Jedi itu sendiri.


Jendral Perang Klon


Meskipun Jedi masih berbasis di Coruscant, Obi-Wan dan Anakin sering pergi ke luar untuk melaksanakan misi atas perintah Dewan Tinggi Jedi.


Ternyata, misi itu menjadi lebih serius dan penting dari sebelumnya. Penemuan dari Obi-Wan tentang sebuah plot untuk menggulingkan tradisi demokrasi dan perdamaian Republik Galaktik, telah menyebabkan perang besar-besaran yang berkecamuk di seluruh galaksi. Pahlawan cenderung muncul pada saat krisis, dan selama Perang Klon-lah Obi-Wan benar-benar bersinar.



Naik ke pangkat Jenderal dan mendapatkan kursi di Dewan Jedi, Obi-Wan memerintahkan pasukan, menggunakan pikiran taktisnya yang brilian untuk mengecoh dan mengalahkan musuh Jedi berulang kali. Meskipun dia adalah seorang komandan yang mahir dari jauh, dia juga tidak pernah takut berada di garis depan medan tempur. Bagaimanapun, dia adalah salah satu pengguna lightsaber yang paling terampil di semua Jedi Order. Eksploitasinya selama Clone War menjadi legenda.


Pengkhianatan seorang Jedi


Jenderal Kenobi memenangkan pertempuran yang tak terhitung jumlahnya melalui kecemerlangan dan keterampilan selama perang Klon. Namun dia tidak bisa membendung gelombang sisi gelap, yang meningkat lebih cepat di zaman penuh kekacauan dan pengkhianatan itu.


Anakin, jedi yang sangat menjanjikan, mulai berubah. Tanpa sepengetahuan Kenobi, dia dirayu dan tergoda oleh sisi gelap - dan pada saat Obi-Wan menyadari apa yang telah terjadi, semuanya sudah terlambat. Dalam kudeta terakhir oleh Senator Palpatine yang berkhianat, yang telah mengumpulkan kekuasaan selama bertahun-tahun, ia mengaktifkan order 66, perintah untuk pasukan klon untuk menyerang balik para Jedi yang telah mereka layani dan langsung mengeksekusi mereka. Strategi ini sangat efektif, dan Jedi pun hampir punah.


Ketegangan terus meningkat hingga Anakin yang telah masuk sisi gelap dan Obi-Wan Kenobi harus saling berhadapan di planet lava Mustafar. Pertempuran mereka sengit dan tragis, yang berpuncak pada Obi-Wan yang memotong kaki Anakin dan meninggalkannya terbakar di tepi aliran lahar untuk mati.



Meskipun Obi-Wan secara teknis "menang", itu adalah kemenangan yang paling hampa. Jedi Order telah hancur dan Republik terbakar digulingkan. Namun Anakin, ternyata berhasil diselamatkan oleh Kaisar Palpatine. Akhirnya ia harus memakai jubah armor dengan life support untuk bertahan hidup, dan menjadi seorang Darth Vader.


Bersembunyi ke Tatooine


Meski tersesat di sisi gelap, Anakin benar-benar mencintai Padme Amidala. Keduanya telah menjalin hubungan rahasia, dan ternyata Amidala mengandung anak kembar. Padme tidak selamat dan meninggal setelah melahirkan anak kembarnya, meninggalkan Obi-Wan dalam posisi yang sulit. Jatuhnya Republik dan identitas orang tua sebenarnya si kembar ini membuat alam semesta menjadi tempat yang sangat berbahaya bagi dua bayi tak berdosa ini, yaitu Luke dan Leia.


Tatanan galaksi menjadi berantakan, dan siapa pun yang memiliki informasi tentang bagaimana semua itu hancur, melarikan diri ke persembunyian. Diputuskan bahwa Luke dan Leia harus dipisahkan demi keselamatan mereka sendiri dan dibesarkan dengan cerita palsu. Leia diadopsi dan dibesarkan sebagai putri oleh Bail dan Breha Organa dari planet Alderaan. Sedangkan Luke dibawa oleh Obi-Wan ke planet asal Anakin di Tatooine. Dia dibesarkan oleh kerabat ibu Anakin sebagai anak petani yang sederhana - meskipun keadaannya yang sederhana tidak dapat menghentikannya untuk memimpikan hal-hal yang lebih besar.


Obi-Wan Kenobi sendiri juga memilih planet Tatooine untuk persembunyian sekaligus mengawasi Luke dari jauh, dan berjanji memberinya lightsaber anakin dan melatihnya ketika saatnya tiba.


Harapan baru untuk Galaksi


Obi-Wan berperan sebagai pertapa di Tatooine, menyembunyikan nama dan identitas aslinya dari setiap penyusup. Dia terus mengawasi Luke, terutama saat rasa haus bocah itu akan petualangan meningkat. Obi-Wan atau Ben Kenobi menjadi semacam malaikat pelindung, menyelamatkan bocah itu dari bahaya ketika dibutuhkan, lalu menyelinap kembali ke dalam bayang-bayang pengasingan.



Obi-Wan melanjutkan pelatihannya sendiri, bermeditasi pada Force dan meningkatkan kekuatan dan kebijaksanaannya sendiri. Bahkan di Tatooine, di ujung jauh galaksi, masalah masih saja ditemukan mantan jenderal yang jatuh tersebut. Namun, tidak ada ancaman yang lebih besar atau lebih tak terduga dari munculnya musuh lamanya Darth Maul di planet ini. Maul ternyata selamat dari kematian dan terus melacak keberadaan Kenobi. Akhirnya Maul menemukan Obi-wan dan duel kembali terjadi. Kedua lightsaber saling bersilangan dengan cepat, dan sekali lagi, Obi-Wan mengalahkan Maul dan ia benar-benar tewas di tangan Obi Wan kali ini.



Obi-Wan kembali untuk menjaga Luke dari jauh, namun kedatangan droid R2-D2 yang berisi pesan yang dikirim oleh Leia Organa memohon bantuan dari Obi-Wan, mengubah segalanya. Kejadoan ini memicu seruan Luke untuk berpetualang dan menandakan sudah waktunya bagi Obi-Wan untuk kembali ke panggung galaksi. 


Obi-Wan kemudian menjadi mentor bagi Luke Skywalker, mengajarinya seperti yang dia ajarkan kepada ayahnya, dan keduanya memulai pencarian besar untuk membawa perdamaian ke galaksi sekali lagi.


Akhir Riwayat


Kemudian mereka bersama dengan Han Solo, menyelinap ke Death Star untuk menyelamatkan Leia, namun di sana Obi-Wan akhirnya kembali bertemu dengan mantan muridnya, Anakin Skywalker yang telah menjadi seorang Darth Vader, salah satu pemimpin dari Galactic Empire.



Duel sengit lightsaber pun kembali terjadi, tetapi kali ini Obi-Wan seperti menyerah pada takdirnya dan membiarkan Darth Vader menyerangnya dengan lightsaber, yang disaksikan oleh Luke sendiri yang langsung emosi itu kemudian pergi menuju kapal Millenium Falcon bersama timnya yang berhasil menyelamatkan Leia dan bergegas terbang kabur dari kejaran pasukan Galactic Empire.


Akan tetapi riwayat Obi Wan Kenobi tidak berakhir begitu saja walaupun mati di tangan Vader, ternyata Obi-Wan sudah mencapai tingkat bergabung menjadi satu dengan force yang memungkinkan dia untuk menjadi ghost force walaupun jasadnya sudah tiada, lewat ghost force ini lah Obi-Wan terus membimbing Luke Skywalker meneruskan pelatihannya untuk menjadi seorang Jedi dan menuntun Luke untuk pergi ke planet Dagobah mencari Master Yoda untuk menyelesaikan pelatihannya, baru kemudian berhadapan dengan Darth Vader.


Berikut ini bisa dilihat video youtube tribut untuk Obi Wan Kenobi.





Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page