top of page
  • Writer's picturemandostar

STAR WARS: Siapakah yang Mendanai Pembentukan Tentara Clone?


Mandostar - Dalam Star Wars episode 2: Attack of The Clones, Bangsa Kamino memberitahu Obi-Wan bahwa Master Jedi Sifo-Dyas lah yang memesan dan membiayai terciptanya tentara Clone, tetapi dalam faktanya, ada kekuatan yang jauh lebih gelap yang sedang bermain di belakang layar dalam pembentukan tentara Clone itu, berikut ini penjelasannya.


Salah satu twist terbesar dalam Star Wars universe terjadi dalam episode 2: Attack of The Clones ketika Obi-Wan tiba di planet Kamino untuk menyelidiki Jango Fett, malah secara mengejutkan mengetahui bahwa tentara Clone telah diciptakan dan dibentuk tanpa sepengetahuan dewan Jedi.


Orang Kamino menjelaskan kepada Obi-Wan Kenobi bahwa projek militer itu didanai oleh Jedi Master Sifo-Dyas, yang membuatnya terkejut karena Obi-Wan tahu bahwa Sifo-Dyas telah terbunuh dalam pertempuran di planet Naboo bertahun-tahun yang lalu.


Jedi Master Sifo-Dyas dalam penampakan hologram.

Meskipun keberadaan pasukan besar semacam itu sangat mencurigakan karena dirahasiakan, namun krisis melawan Separatis yang sedang terjadi membuat Republik terancam di ambang perang tanpa sarana yang memadai untuk membela diri. Ini memberi Kanselir Palpatine alasan untuk menggunakan kekuatan darurat yang baru diberikan unutk mengotorisasi penggunaan pasukan Clone. Projek pembentukan tentara Clone ini bahkan tanpa sepengetahuan sebagian besar Galaksi, karena informasi tentang planet Kamino pun telah dihapus dari peta Galaksi yang dimiliki Republik. Seluruh rangkaian peristiwa yang terjadi, bahkan sebelum penemuan Obi-Wan ini, ternyata semuanya adalah merupakan bagian dari rencana besar yang sudah direncanakan Sith Lord.


Novel dari James Luceno, Darth Plagueis, mengungkapkan bahwa Sith Lord Plagueis, Master dari Darth Sidious, menggunakan identitas sipilnya sebagai Hego Damask, magister dari kelompok lobi keuangan Damask Holdings Group, untuk menciptakan dan membiayai tentara Clone ini.


Sidious berlutut di hadapan tuannya, Sith Lord Plagueis.

Bertahun-tahun sebelum peristiwa prekuel, Damask atau Plagueis secara pribadi mempengaruhi beberapa Jedi, termasuk Dooku dan Sifo-Dyas untuk mempercayai bahwa masa depan Republik dalam bahaya dan memerlukan tentara. Sementara Dooku mendengarkan dengan penuh semangat, yang kemudian akan dibujuk ke sisi gelap menjadi Darth Tyranus, Sifo-Dyas lebi ragu-ragu dalam bertindak melawan Dewan Jedi.


Selama 20 tahun berikutnya, Sifo-Dyas terus berusaha meyakinkan rekan-rekan Jedi nya tentang perlunya tentara tetapi tidak pernah serius didengarkan dan malah dijauhi. Tidak lama setelah kejadian pertempuran Naboo, dia akhirnya mengalah dan setuju dengan Plagueis, mempercayai dia dan memasang muka untuk mendekati bangsa Kamino, yang terkenal di seluruh galaksi karena keahlian mereka dalam teknologi kloning. Sith Lord Plagueis memberikan uang yang cukup banyak dari kekayaannya yang besar untuk membayar projek tersebut, sementara Sifo-Dyas berbohong kepada bangsa Kamino, dengan mengatakan kepada mereka bahwa dia telah mendapat izin dari Dewan Jedi dan Senat Galaksi.


Sementara itu, Sidious dan murid barunya Dooku mengetahui rencana gurunya, Darth Plagueis, dan memutuskan untuk mengakhiri nyawa Plagueis dan Sifo-Dyas. Sementara Sidious berhasil membunuh tuannya sendiri, Plagueis, dalam tidurnya, Count Dooku menyewa Pyke Syndicate untuk menembak jatuh kapal luar angkasa Sifo-Dyas dan menewaskannya. Dooku kemudian masuk ke perpustakaan Jedi dan menghapus semua catatan dan informasi yang berkaitan dengan Sifo-Dyas ataupun Kamino untuk mencegah Jedi lain secara tidak sengaja menemukan informasi tersebut.


Dengan saingan mereka sekarang telah tersingkir, Sidious pun menjadi Sith Lord yang baru, sementara Dooku mengambil alih proyek Clone, menyewa pemburu bayaran Jango Fett untuk dijadikan sebagai prototipe dari tentara Clone. Rencana besar Sith membutuhkan waktu berthaun-tahun untuk bisa dilaksanakan dan secara fundamental dapat mengubah wajah galaksi.


Sementara ada kanon yang terus mempertahankan bahwa Jedi Master Sifo-Dyas sebagian besar bertindak sendiri dalam proyek clone, penjelasan dan teori bahwa dia dipaksa oleh anggota dari Dark Side dan Sith lebih masuk akal, karena tidak mungkin Sith yang licik itu akan membiarkan kesempatan yang bagus lewat begitu saja dari rencana besar mereka untuk menghancurkan Republik dan menguasai galaksi.


Berikut ini video ulasan tentang Jedi Master Sifo-Dyas dan perannya dalam penciptaan Clone Trooper yang melegenda dalam Star Wars Universe.




108 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page