top of page
  • Writer's picturemandostar

Kehidupan Tragis Keanu Reeves di Balik Karier yang Cemerlang

Updated: Nov 6, 2020


Mandostar - Keanu Reeves, Aktor kelahiran di Beirut, Lebanon, 2 September 1964 ini tak hanya punya pamor dan karir yang cemerlang. Namun di balik itu, juga punya perjalanan hidup yang tragis. Keanu mulai dikenal luas setelah membintangi film trilogi The Matrix. Keanu lahir dari ibu bernama Patricia Taylor dan ayahnya bernama Samuel Nowlin Reeves. Ayah Keanu Reeves berketurunan Irlandia, China, dan Hawaii, sedangkan ibunya berkebangsaan Inggris. 


Ternyata kisah hidup Keanu Reeves tidaklah seindah kariernya. Ayah Keanu Reeves pernah menjadi pengedar narkoba dan ditangkap polisi saat Keanu masih bayi saat di Hawaii. Orangtua Keanu bercerai pada tahun1966. Keanu lalu mengikuti ibunya hidup berpindah-pindah, ke Sydney, Australia, kemudian pindah lagi ke New York, Amerika, lalu ke Toronto, Canada.


Ibu Keanu yang bekerja sebagai desainer busana menikah kembali dengan seorang pria bernama Paul Aaron yang bekerja di industri film Hollywood. Namun, pernikahan ibunya itu tak langgeng. Selama masa pertumbuhan, Keanu yang tumbuh dari keluarga broken home juga tak mendapatkan kebahagiaan di sekolah. Ia tercatat empat kali berpindah sekolah dan selama itu pula ia menjadi korban bullying teman-temannya. Keanu Revees dianggap bodoh karena sulit membaca.


Padahal Keanu menderita dyslexia yang membuat ia kesulitan membaca serta belajar dan Keanu pun berhenti sekolah. Ia yang merupakan penggemar olahraga hoki es punya seorang saudara perempuan bernama Kim yang mengidap leukemia, dan Keanu pun merasa bertanggung jawab untuk menjaganya. Keduanya sangat akrab dan tak terpisahkan.


Keanu dan Kim Reeves.

Kim melihat hasrat Keanu dalam dunia akting dan ia mendukungnya. Pada usia 9 tahun, Keanu Revees mulai bersentuhan dengan dunia akting. Ia pertama kali bermain dalam sebuah drama musikal kemudian mulai bermain di banyak pertunjukan teater. Film pertama yang dimainkan Keanu adalah River's Edge pada 1986.


Keanu sempat mengalami stres dan terpuruk akibat sahabat terbaiknya aktor River Phoenix meninggal dunia akibat overdosis heroin dan kokain. Namun di saat terpuruk Kim selalu mendukung dan memotivasi Keanu untuk bangkit dan terus mengejar mimpinya sebagai seorang aktor.


Talenta Keanu Reeves pun mulai disadari publik ketika bermain dalam film Speed pada 1994. Sejak saat itu, ia mulai diperhitungkan sebagai aktor pendatang baru dan karirnya menanjak. Pada 1999, Keanu Revees menemukan cintanya dan menjalin asmara dengan aktris Jennifer Syme. Keduanya tampak begitu saling mencintai dan Jennifer pun hamil. Namun tragedi kembali terjadi pada saat natal, anak mereka yang lahir prematur itu meninggal dunia sesaat setelah dilahirkan, bahkan anaknya pun sudah sempat diberi dengan nama Ava Archer Revees. Kesedihan luar biasa pun dialami keduanya dan mereka pun berpisah.


Tak lama berselang, lagi-lagi kejadian tragis terjadi, Jennifer Syme meninggal dunia akibat kecelakaan mobil pada 2001. Keanu begitu terpukul dengan peristiwa itu, ia pun sering terlihat melamun di tempat umum. Meski begitu, Keanu tak bisa bersedih terlalu lama karena ia juga harus berjuang untuk merawat saudaranya, Kim, yang terkena leukemia. Bahkan, Keanu sempat vakum pada sekitar tahun 2003-2004 untuk fokus membantu pengobatan saudaranya Kim. Keanu juga menjual rumahnya dan pindah hidup bersama Kim demi menjaga dan menemani Kim. Publik Amerika Serikat seringkali melihat Keanu berjalan seorang diri di taman dan belanja di toko kelontong.


Sejak saat itu pula, Keanu tampaknya menutup hati sementara untuk para wanita. Meski memiliki uang banyak dari aktingnya, Keanu tetaplah memilih hidup sederhana. Ia sering terlihat menaiki transportasi umum dan istirahat di "hotel melati". Bahkan ia menyumbangkan 75 juta dolar hasil penghasilannya dari film Matrix untuk para anggota kru yang telah bekerja keras dan untuk kegiatan sosial. Keanu merasa uang bukan tujuan hidupnya, terlebih atas apa yang telah ia alami selama ini.


Tahun demi tahun, Keanu Revees berusaha tegar dan perlahan bangkit. Ia tetap profesional membintangi banyak film, hingga akhirnya pada 2014 menjadi peran utama dalam film laga John Wick yang meledak di pasaran. John Wick: Chapter 2 dirilis pada 2017. Lalu, pada 2019, John Wick: Chapter 3 Parabellum dirilis. Sejak tahun lalu, Keanu Revees akhirnya membawa kekasihnya, Alexandra Grant, ke hadapan publik. Setelah hampir 10 tahun bersama, itu adalah momen pertama Keanu Revees memperkenalkan Grant sebagai kekasihnya.


Keanu Reeves bersama Alexandra Grant.

Diketahui, Keanu dan Alexandra sudah berteman sangat lama. Pertemuan keduanya terjadi saat berkolaborasi di film Ode to Happiness (2011), Shadows (2016).  Ketika itu, Keanu sebagai aktor dan Alexandra adalah ilustrator. Kisah percintaan Keanu memang jarang diberitakan media. Sebab, ia merahasiakan perihal kehidupan pribadinya setelah putrinya, Ava meninggal dunia.


Video tentang kehidupan dan karier Keanu Reeves bisa dilihat di video youtube berikut ini.


147 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page