top of page
  • Writer's picturemandostar

Review Classic Film : The Departed (2006), Drama Kriminal Penuh Intrik & Ketegangan

Updated: Oct 19, 2020


Mandostar - Film drama kriminal ini merupakan salah satu yang terbaik di genrenya. Dibintangi oleh para aktor papan atas seperti Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, Alec Baldwin, Martin Sheen, serta Mark Wahlberg, The Departed akan menghadirkan kisah seru seputar penyamaran. Billy Costigan adalah polisi muda yang ditugaskan menyusup ke kelompok gangster pimpinan Frank Costello, sebaliknya, Colin Sullivan adalah gangster muda yang menyusup ke kepolisian. Billy dan Colin sama-sama tenggelam dalam penyamaran mereka dan bahaya pun kian mendekati keduanya.


THE DEPARTED mengambil seting di Boston Selatan, di mana kepolisian Massachusetts tengah meningkatkan perang melawan mafia Irlandia di bawah kepemimpinan bandit kelas kakap Frank Costello (Jack Nicholson).


Frank dikenal sebagai bandit ulung yang brilian dan juga bengis, dan dengan kelihaiannya Frank berhasil menyusupkan 'anak didiknya' Collin Sullivan (Matt Damon) masuk kepolisian dan sukses meraih jabatan cukup penting pada unit khusus di Kesatuan Khusus Investigasi kepolisian Massachusetts.


Di sisi lain, Kapten Polisi Quennan (Martin Sheen), berhasil menyusupkan buahnya Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) jadi anggota gang mobster Frank Costello. Sebuah tantangan dan tugas penuh resiko yang harus diemban Billy. Tak seorangpun tahu identitas dan penyamaran Billy kecuali Quennan dan Sersan Dignam (Mark Wahlberg).


Awalnya baik Billy dan Colin mulai melakukan tugas dan perannya masing-masing dengan sempurna sampai pada suatu titik di mana mereka mulai mengendus kehidupan ganda antara dua kelompok yang berseberangan.



Frank yang lihai dengan cepat mengendus hadirnya penyusup dalam organisasinya. Frank menekan Collin untuk segera menyelidiki, dan mengirim semua info penting dari kepolisian, meminta Collin mencari tahu jati diri bandit penyusup tersebut.


Merasa identitasnya terancam, Billy juga meminta Quennan segera mencari tahu secepatnya, kebocoran yang ada di kepolisian.


Rasa takut dan terancam aksi penyamaran terbongkar, Billy dan Colin mulai berlomba mengungkap identitas lawan untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing, tanpa mereka sadari bahwa apa yang mereka cari adalah apa yang mereka hadapi saat itu.


Martin Scorsese sukses menyulap film yang diadaptasi dari film Hongkong INFERNAL AFFAIRS (2002) ini menjadi film hebat penuh intrik, konflik, dan aksi penyamaran beresiko tinggi. Tak salah jika kiranya Andrew Lau, co-director INFERNAL AFFAIRS, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Hong Kong, Apple Daily (9/10/06), menyebut Scorsese sebagai sutradara brilian yang sanggup membawa 'Infernal Affairs' menjadi film mobster beraroma Hollywood dan lebih berbobot.


15 Fakta tentang Film 'The Departed


1. Film garapan Martin Scorsese ini menuai kesuksesan kritis dan komersial. Empat piala Oscar berhasil dibawa pulang. Mark Wahlberg mendapat nominasi Oscar.


2. Brad Pitt awalnya dikasting sebagai Colin Sullivan, namun ia membatalkannya demi bermain dalam film arahan Alejandro González Iñárritu, Babel. Pitt tetap menggarap proyek The Departed sebagai produser melalui perusahaan produksinya (dan istrinya saat itu, Jennifer Aniston), Plan B Entertainment.


3. Mark Wahlberg mendasarkan penampilannya pada para petugas polisi yang menangkapnya berkali-kali ketika ia masih remaja.


4. Salah satu alasan kenapa Leonardo DiCaprio tidak mendapat nominasi Oscar adalah karena Warner Bros. tidak ingin ia berkompetisi dengan rekannya (Mark Wahlberg) di sektor pemeran pendukung, karena itulah ia didorong menjadi pemeran utama, meski mereka semua sebenarnya adalah pemeran utama. Studio lebih ingin DiCaprio meraih nominasi lewat Blood Diamond, dan ia mendapatkannya.


5. Awalnya, Jack Nicholson menolak tawaran peran sebagai Frank Costello, namun setelah ia bertemu dengan Leonardo DiCaprio, Martin Scorsese, dan William Monahan, ia pun akhirnya setuju. Alasannya adalah dia sudah tampil dalam beberapa film komedi dan ingin kembali menjadi penjahat di film.

6. Leonardo DiCaprio dikasting untuk membintangi The Good Shepherd, tapi ia menolak demi bermain di The Departed. Peran itu pun diambil rekannya, Matt Damon. Uniknya lagi, Robert De Niro menolak tawaran peran sebagai Oliver Charles Queenan di film ini untuk tampil dalam The Good Shepherd.


7. Ketika menerima penghargaan dari Director’s Guild of America, Martin Scorsese mengatakan bahwa The Departed adalah film pertamanya ‘yang dibuat dengan plot’ atau dengan kata lain punya plot yang jelas.


8. The Departed diproduksi dengan budget 90 juta dolar AS dan mengais keuntungan sampai 289 juta dolar AS.


9. Martin Scorsese awalnya tidak sadar bahwa The Departed sebenarnya merupakan remake film Hong Kong, Infernal Affairs, sampai ia benar-benar menggarapnya. The Departed pun menjadi satu-satunya remake film luar negeri yang memenangkan Oscar sebagai film terbaik.


10. Menurut Ray Winstone, pemeran Arnold “Frenchy” French, ia dan Jack Nicholson sebenarnya tidak akur ketika syuting film ini.

11. Awalnya, film ini akan menduetkan Brad Pitt dan Tom Cruise sebagai pemeran utamanya.


12. Matt Damon menyelami karakternya dengan cara bekerja bersama polisi Massachusetts unit Boston. Matt menemani mereka berpatroli, melakukan penyergapan narkoba, hingga mempelajari berbagai prosedur kepolisian, seperti menggeledah tersangka.



13. Karakter Frank Costello didasarkan pada sosok gangster Irlandia-Amerika yang sangat terkenal, Whitey Bulger. Sepak terjang Whitey Bulger bisa kita saksikan di film Black Mass yang dibintangi Johnny Depp.


14. Tom Duffy ditunjuk sebagai konsultan teknis film ini karena ia pernah bekerja di departemen polisi Boston sebagai detektif bagian penyamaran yang menyelidiki gangster Irlandia.


15. Scorsese memutuskan untuk tidak menonton Infernal Affairs sampai ia selesai menyutradarai The Departed. Durasi The Departed lebih panjang 50 menit dari Infernal Affairs, film HK yang dibintangi oleh Andy Lau dan Tony Leung.

Review dan ulasan tentang film The Departed bisa disaksikan di video youtube berikut ini.



Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page