top of page
  • Writer's picturemandostar

Review Classic Film : The Green Mile (1999), Salah Satu Film Terbaik Tom Hanks yang Paling Berkesan

Updated: Nov 6, 2020


Mandostar - Film The Green Mile (1999) genap berusia 20 tahun pada Desember 2019 lalu. Film yang masuk dalam top rated movie #31 di IMDb ini boleh dibilang salah satu karya terbaik yang muncul di akhir dekade 90-an. Sangat indah, sangat menyentuh, dan sangat berkesan.


Disutradarai oleh Frank Darabont, yang juga sutradara The Shawshank Redemption--film dengan rating tertinggi versi IMDb, The Green Mile adalah film dengan genre crime-drama-fantasy yang diadaptasi dari novel karya Stephen King yang rilis pada tahun 1996 dengan judul yang sama.


Ditampilkan dengan gaya flashback seperti halnya film The Notebook (2004), film The Green Mile menceritakan kisah seorang death row correction officer bernama Paul Edgecomb (Hanks) dan tahanan bernama John Coffey (Michael Clarke Duncan, almarhum) dengan latar waktu tahun 1935.


Plot singkat The Green Mile adalah tentang John Coffey, pria yang secara fisik sangat mengintimidasi, tapi sebenarnya adalah orang kulit hitam yang tidak bersalah dan memiliki kemampuan supranatural.


Dia menjadi tertuduh akan sebuah kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap dua gadis cilik. Sementara Paul, sebagai pengawas di Green Mile, menderita infeksi saluran kencing yang membuatnya sangat sulit untuk buang air kecil.


John Coffey, dengan kemampuan supranaturalnya, entah bagaimana berhasil menyembuhkan Paul. Persahabatan mereka pun terjalin hingga hari di mana John Coffey harus dieksekusi akibat tuduhan yang dilayangkan kepadanya. Di ending film, banyak plot twist yang terungkap dan dijamin kita semua akan jatuh cinta dengan film ini.


Cast film ini sangat luar biasa. Selain Tom Hanks dan Michael Clarke Duncan, film ini juga dibintangi oleh David Morse, Bonnie Hunt, dan Sam Rockwell yang saat itu masih berusia 20-30 tahun. Namun, kekuatan utama dari film ini adalah script-nya. Matang, menyentuh, dan dijamin akan memberikan pengalaman emosional bagi para penonton.


Pace dari film ini juga terbilang fair. Mungkin film drama dengan durasi 3 jam 9 menit akan terdengar membosankan, tapi tidak untuk The Green Mile. Begitu film dimulai, kita akan langsung terbawa dan akan sulit untuk berhenti.


Tidaklah mengherankan jika The Green Mile mendapatkan 4 nominasi Oscar. Best Sound, Best Screenplay, Best Supporting Actor (Michael Clarke Duncan), dan bahkan Best Picture.


Salah satu trivia menarik, pebasket legendaris NBA, Shaquille O’Neal, sempat dipertimbangkan untuk mengambil peran sebagai John Coffey karena posturnya. Namun akhirnya, peran tersebut diberikan kepada Duncan, yang mengenal sutradara Frank Darabont berkat Bruce Willis, di mana sebelumnya mereka berakting bersama di film Armageddon.



Seperti yang telah diketahui, aktor Michael Clarke Duncan mendapat nominasi Oscar sebagai aktor pendukung terbaik yang berkat perannya sebagai John Coffey di film The Green Mile, telah tutup usia pada umur 54 di tahun 2012 akibat serangan jantung.


The Green Mile bisa dikatakan adalah film Tom Hanks favorit sepanjang masa. Tentunya bersaing ketat dengan film Hanks yang lainnya, seperti Forrest Gump, Catch Me If You Can, Saving Private Ryan, dan Cast Away.


Sekarang atau 21 tahun yang lalu, menonton The Green Mile tetap memberikan kesan yang sama. Tetap ajaib, powerful, punya kesan emosional, dan menyentuh. Jelas, harus anda masukkan ke daftar film wajib tonton sepanjang masa.


Ending scene eksekusi John Coffey dalam film The Green Mile yang mengharukan bisa dilihat di video youtube berikut ini.



Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page