top of page
  • Writer's picturemandostar

Satu-satunya Peran Penjahat yang Pernah Bruce Lee Perankan Dalam Film

Updated: Oct 14, 2020

Mandostar - Legenda seni bela diri Bruce Lee memiliki reputasi sebagai pahlawan kung fu di dalam film-filmnya, tetapi tahukah anda kalau pada film Hollywood berjudul Marlowe di tahun1969, aktor tersebut secara singkat pernah berperan sebagai penjahat.



Bruce Lee memiliki reputasi sebagai pahlawan kung fu, tetapi dalam satu film - Marlowe - legenda seni bela diri tersebut memerankan orang jahat. Ini terjadi sebelum aktor tersebut mencapai ketenaran dalam film Hong Kong 1971, The Big Boss , jadi bukan masalah besar pada saat itu.


Setelah berkarir sebagai aktor cilik di Hong Kong , Lee berusaha membuat tanda di Hollywood dengan keterampilan seni bela dirinya. Alih-alih langsung terjun ke bisnis film, Lee membuat lompatan ke layar kecil di The Green Hornet ABC , di mana ia bisa mempraktekkan keahlian kungfunya untuk diperlihatkan, ia berperan sebagai sopir dan sahabat karib protagonis tituler, Kato. Ketika The Green Hornet dibatalkan setelah hanya tayang satu musim, Bruce Lee membuat penampilan sebagai bintang tamu di acara lain sambil menunggu kesempatan untuk tampil di film Hollywood, dengan harapan sebagai bintang utamanya. Pada tahun 1968, ia dipekerjakan untuk bekerja sebagai " penasihat karate " untuk para aktor di dalam film The Wrecking Crew , tetapi tidak mendapatkan peran sebenarnya dalam film tersebut.


Bruce Lee akhirnya menerima peran pertamanya dalam film Amerika pada tahun 1969 ketika dia berperan sebagai gangster Winslow Wong di film Marlowe , sebuah film noir yang berpusat pada pahlawan detektif berdarah panas dari novelis pulp fiction Raymond Chandler Phillip Marlowe. Aktor James Garner yang memainkan peran utama dalam film Marlowe. Dalam sebuah adegan di film tersebut, Winslow Wong memasuki kantor Marlowe dan mulai merusak tempat itu. Dia kemudian mulai menawarkan Marlowe $ 500 untuk membuatnya berhenti menyelidiki kasus. Wong juga mengancam akan ada konsekuensi jika Marlowe tidak bekerja sama. Namun Marlowe, karakter yang diperankan James Garner itu menolak tawaran tersebut.



Pada gilirannya, Winslow Wong yang diperankan Lee melepaskan beberapa jurus kungfu di kantornya dalam aksinya yang impresif dan mengesankan. Kemudian, Marlowe bertarung melawan Wong di atap gedung, dan mendesaknya agar menggunakan jump kick. Saat Marlowe mengelak, Wong pun terjatuh dari gedung dan akhirnya mati. Peran Bruce Lee sebagai penegak kung fu di Marlowe singkat, tapi itu membantunya mengeksposnya ke khalayak Amerika. Sayangnya, bagaimanapun, Marlowe tidak banyak meyakinkan studio Hollywood untuk mempekerjakannya.



Karena eksekutif studio film Amerika waktu itu tetap ragu untuk mengambil pemeran utama yang berasal dari Asia, waktu Bruce Lee di Hollywood tidak membuahkan hasil yang dia cari, yaitu menjadi bintang yang lebih besar daripada Steve McQueen sendiri. Bruce Lee akhirnya meninggalkan Amerika Serikat dan kembali ke Hong Kong, di mana genre film kung fu sudah mulai populer. Di film Golden Harvest tahun 1971, The Big Boss , Lee membuat citranya sebagai pahlawan kung fu dan menjadi terkenal dalam sekejap mata.


Karena film The Big Boss dan artinya bagi karir Bruce Lee, karakter Winslow Wong menjadi satu-satunya karakter jahat yang diperankan Lee, dan film Marlowe juga menandai terakhir kali dia memfilmkan sedikit peran dalam sebuah proyek film. Semua film Bruce Lee berikutnya melihatnya bermain sebagai seniman bela diri yang kuat dan heroik yang dipaksa untuk melawan musuh yang berbahaya.


Berikut ini adegan aksi Bruce Lee dalam film Marlowe bersama dengan James Garner dalam video youtube.



98 views0 comments

Комментарии


Post: Blog2 Post
bottom of page