top of page
  • Writer's picturemandostar

Ulasan Film: News of the World, Kisah Petualangan Kapten Kidd dan Johanna


Mandostar - "News of the World" merupakan film yang diadaptasi dari sebuah buku laris karya Paulette Jiles pada tahun 2016. Sang sutradara, Paul Greengrass, memutuskan untuk memproduksi cerita menarik tersebut menjadi sebuah film dan juga sudah dihadirkan dalam layanan streaming Netflix.


Lima tahun setelah Perang Saudara di Amerika, Kapten Jefferson Kyle Kidd (Tom Hanks) secara tidak sengaja bertemu dengan seorang anak perempuan 10 tahun, Johanna (Helena Zengel). Pertemuan mereka pun menjadi awal dari perjalanan dengan tujuan akhir yang tidak terduga bagi keduannya.


“News of the World” memiliki genre western drama, dengan latar waktu tahun 1870-an di Amerika, menyajikan cerita dan setting yang akan memenuhi ekspektasi penonton akan genre klasik ini.


Film Western Drama dengan aksi Laga & Interaksi Karakter Utama yang Menyentuh


Kita akan mengalami petualangan melalui sudut pandang Jefferson Kyle Kidd atau Kapten Kidd, sebagai veteran perang yang kini mengembara sebagai pembaca berita di koran.


Berbeda dengan tipikal protagonis dalam film western drama yang hendak balas dendam dan dekat dengan kekerasan, Kapten Kidd memiliki objektif yang lebih mulia dalam kisah ini, yaitu mengantar kembali Johanna ke keluarga aslinya. Film ini memiliki latar seperti “Django Unchained” (2016), namun kisah seperti “Nomadland” (2020), namun dengan objektif yang lebih jelas.


Diawali dengan perjalanan Kapten Kidd yang tenang, kemudian bertemu dengan Johanna secara kebetulan, membawa mereka menuju perjalanan dengan akhir yang tak terduga bagi keduannya.


Naskah film ini memiliki awal dan akhir yang jelas dan sederhana, kemudian dikembangkan dengan berbagai momen kecil yang berkesan, agenda penting pada bagian setiap babak, kemudian ditutup dengan memutar balik objek menuju sesuatu yang lain; sesuatu yang lebih baik dari apa yang kita duga. Kemudian memberikan kehangatan dan kesan manis pada setiap penontonnya.



Penokohan Kapten Kidd dan Johanna yang Kompleks Serta Menarik


Kehadiran karakter Jefferson Kyle Kidd dan Johanna menjadi aspek paling penting dalam film ini. Tom Hanks bersama dengan aktris muda asal Jerman, Helena Zengel berhasil memberikan penampilan terbaik mereka sebagai dua karakter utama.


Tom Hanks sudah tak asing lagi sebagai aktor yang pandai memilih naskah dan menampilkan kualitas akting yang juara, status tersebut masih berhasil dipertahankan melalui film ini. Sementara Helena Zengel tampil memukau dalam debut akting internasionalnya. Aktris 12 tahun ini, mampu menampilkan akting yang otentik sebagai gadis 10 tahun dari suku Kiowa yang tampak kasar dan tempramental.


Selain memilih casting yang tepat, penokohan dari dua karakter utama juga bagus dalam segi penulisan. Kapten Kidd memiliki profesi yang menarik dalam film ini; pembaca koran yang keliling untuk menyampaikan berita dari penjuru dunia. Konsepnya cukup serupa dengan pembawa berita zaman sekarang, bedanya pada tahun 1870-an belum ada televisi di Amerika. Sementara Johanna lebih dari sekedar gadis Kiowa, akan ada latar belakang lain yang terungkap dari karakter ini.


Perjalanan yang Lumayan Panjang Namun Sepadan untuk Disaksikan


“News of the World” memiliki babak awal yang cukup lama tanpa gejolak emosi yang cukup besar untuk menarik penonton. Hal tersebut karena masih minimnya informasi kita akan latar belakang dua karakter utama, interaksi yang terjalin di antara mereka juga belum terbentuk. Namun, ketika mulai menghadapi rintangan pertama dalam perjalanan mereka, setelah itu setiap adegan jadi terasa semakin menarik untuk diikuti hingga akhir.



Mulai muncul momen-momen sederhana nan berharga mulai terukir di antara Kapten Kidd dan Johanna. Membuat kita semakin menyayangi kedua karakter ini dan mendoakan nasib baik bagi keduanya. Akan titik balik dari kisah mereka berdua pada akhir cerita yang sangat menyentuh dan menjadi buah dari kesabaran kita menonton babak pertama yang sedikit membosankan. Tidak bisa dikategorikan sebagai plot twist, namun cukup untuk membuat kita merasa emosional.


Secara keseluruhan, “News of the World” merupakan film western drama yang layak disaksikan dengan dua karakter utama yang memiliki interaksi yang menyentuh. Objektif cerita yang sederhana dilengkapi berbagai aspek pendukung yang membuat film ini sedikit menegangkan sekaligus emosional. “News of the World” sudah bisa kita saksikan di layanan streaming Netflix sejak Februari 2021.


Berikut ini bisa disaksikan video youtube trailer film Netflix yaitu News of The World yang dibintangi Tom Hanks.


87 views0 comments

Comentários


Post: Blog2 Post
bottom of page