top of page
  • Writer's picturemandostar

"WARRIOR" : Serial Aksi yang Berdasarkan Visi dan Pemikiran Bruce Lee Namun Dengan Tidak Berlebihan

Mandostar - Serial dari Cinemax yaitu Warrior dimulai sebagai sebuah konsep yang pertama kali dikembangkan oleh Bruce Lee, dan serial ini mampu memberikan penghormatan yang tepat kepadanya tanpa terlalu mengandalkannya.



Dalam wawancara dengan pencipta dan penulis Warrior Jonathan Tropper membahas pendekatannya terhadap Warrior , dan bagaimana dia bekerja untuk tetap setia pada ide-ide orisinal dan konsep tematik dalam perlakuan Lee, sementara tetap membuat seri yang cocok dengan gaya penulisannya. Tropper berkata: “Itu adalah keragu-raguan saya untuk pertama kali terlibat, tetapi begitu saya membaca inti dan visi ceritanya, itu meninggalkan banyak ruang bagi saya untuk mendaki karena dia sebenarnya hanya berurusan dengan tiga atau empat karakter.


" Dan [Bruce Lee] berurusan secara lebih tematis dengan apa yang dia ingin pertunjukan dan dieksplorasi. Jadi dengan tetap setia pada eksplorasi tematik yang ada dalam perawatan dan karakter yang dia gambarkan di sana, saya bebas untuk menciptakan plot dan membuat lebih banyak karakter. Saya pikir selain karakter utama kami dan polisi, Big Bill, Ah Sahm dan Big Bill dan satu sama lain, sebenarnya tidak banyak karakter di sana sehingga saya dapat benar-benar mengisi dunia dan benar-benar mengerjakan alur cerita dengan penulis saya. Dengan tetap setia pada inti dan visi pertunjukan dan juga untuk filosofi Bruce Lee secara keseluruhan. ”


Cinemax's Warrior season 2 membuktikan bahwa serial ini tahu bagaimana memberi penghormatan kepada Bruce Lee tanpa berlebihan. Awal jalan serial Warrior untuk terwujud berasal kembali ke visi dari Bruce Lee itu sendiri, yang memahami serial ini namun ia tidak berhasil dalam upaya mewujudkannya untuk mendapatkan lampu hijau. Kemudian putri Bruce Lee, Shannon Lee, bersama dengan produser eksekutif Justin Lin dan Jonathan Tropper kemudian berhasil menghidupkan serial Warrior di Cinemax berdasarkan apa pemikiran dari Lee yang menjadi basis kerangka serial, dengan debut musim pertamanya di musim semi 2019.


Awalnya dengan judul asli The Warrior ketika Bruce Lee pertama menuliskannya, pertunjukan itu memproyeksikan Lee untuk memerankan karakter utama Ah Sahm, seorang imigran Cina di American Old West. Proyek ini semua merupakan gagasannya dan untuk mewujudkannya, alih-alih, Warrior telah mengambil pendekatan yang jauh lebih bijak dengan terus memeriksa referensi dan tribut dari Bruce Lee.



Episode pertama Warrior season 2, "Learn to Endure or Hire A Bodyguard" menunjukkan betapa kuatnya pemahaman seri ini dalam sebuah adegan yang menunjukkan Ah Sahm, diperankan oleh Andrew Koji, berlatih dengan boneka kungfu kayu. Dikenal sebagai muk yan jong, alat itu merupakan pelatihan yang terkait erat dengan Wing Chun, yang mana membentuk dasar dari seni bela diri Bruce Lee dan pengembangan berikutnya tentang filosofi bela diri Jeet Kune Do.


Boneka kayu tersebut atau Muk Yan Jong mendapatkan ketenaran yang lebih luas berkat ditampilkannya dalam film Ip Man , di mana Donnie Yen berperan sebagai guru Wing Chun guru dari Bruce Lee. Dengan memasukkannya, Warrior memberikan anggukan yang halus namun nyata kepada pria yang awalnya memimpikan serial ini dengan tidak terlalu over.


Warrior  membuat tip konservatif lainnya untuk Bruce Lee dalam adegan pertarungannya, dengan season 2 dibuka dengan pertarungan Ah Sahm di underground fight club. Seperti yang telah ditampilkan di sepanjang serial, sikap bertarung yang diadopsi Andrew Koji sebagai Ah Sahm mengingatkan kita pada Bruce Lee, sementara itu Ah Sahm juga sempat melepaskan serangan pukulan berantai (teknik yang ditemukan di Wing Chun dan Jeet Kune Do) saat melawan musuhnya. Kunci efektifnya easter egg seperti ini di Warrior adalah seberapa halus penerapannya dan bagaimana penggunaannya dengan tidak berlebihan.


Ini juga tidak berarti bahwa Warrior  belum menulusuri ke Bruce Lee-isme yang agak lebih terbuka, dengan salah satu pertarungan di awal musim 1 yang mengambil pengaruh yang jelas yaitu pertarungan saat di belakang restoran Cina di The Way of the Dragon . Namun, poin utamanya adalah pembuat serial tahu bahwa dengan menahan momen seperti ini membuat mereka tidak membanjiri cerita saat terungkap. Lebih jauh lagi, pendekatan seperti ini juga memberi dampak yang jauh lebih besar ketika hal itu terjadi.


Sejak awal, serial ini sengaja menghindari menampilkan Ah Sahm sebagai salinan Lee, dan Andrew Koji menangani kerasnya peran tersebut dengan sangat baik. Dalam perjalanannya yang luar biasa panjang untuk akhirnya terealisasi dan dihidupkan, serial Warrior  menunjukkan bagaimana memiliki pemahaman yang cekatan tentang kapan dan di mana ia harus melenturkan ototnya sebagai gagasan dari Bruce Lee dan kapan seharusnya tidak - dan episode perdana dari musim kedua menunjukkan seberapa terampil seri ini dalam mencapai itu.


Shannon Lee, produser sekaligus anak Bruce lee mengatakan serial ini selalu dimaksudkan untuk menjadi cerminan dari warisan abadi ayahnya, tetapi juga perlu menghibur lebih dari itu.

"Ada cara untuk merayakan warisannya dan seninya dan filosofinya dan semua hal itu, tetapi juga perlu membuatnya menghibur pada saat yang sama, sesuai kepercayaan ayah saya. Jadi saya pikir apa yang perlu terjadi adalah agar orang-orang ingin percaya bahwa mereka dapat berkolaborasi dengan saya dan untungnya Justin Lin mempercayai itu dan membawa saya ke dalam proyek daripada mencoba menjauhkan saya dari proyek tersebut. Dalam hal ini, hal itu mungkin tidak akan terjadi bersamaan karena saya terus-menerus memiliki orang-orang yang ... tidak setuju dengan gagasan bahwa saya mungkin memiliki semacam masukan yang diwajibkan secara kontrak untuk proyek-proyek di sekitar ayah saya. ”



Sebagai informasi aktor laga Indonesia Joe Taslim juga bermain dalam serial Warrior ini. Dalam serial TV bergenre action ini, Joe Taslim berperan sebagai ahli kung fu, Li Yong. Ia akan beradu akting dengan sejumlah aktor dari film-film terkenal dunia, seperti Andrew Koji ("Fast & Furious 6"), Kieran Bew ("The Street"), Olivia Cheng ("Marco Polo"), Dianne Doan ("Vikings"), hingga Dean Jagger (serial HBO "Game of Thrones").


Berikut ini bisa dilihat video trailer Warrior season 2.

Pembahasan tentang serial Warrior dalam pandangan Bruce Lee dan anaknya Shannon Lee juga bisa dilihat di dalam video youtube berikut ini.


104 views0 comments

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page